Hubungan persepsi Future Readiness orang tua dengan implementasi Effective Media and Technology Parenting di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnaini, Nur (2022) Hubungan persepsi Future Readiness orang tua dengan implementasi Effective Media and Technology Parenting di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Isnaini_H76218038 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berkembangnya media dan teknologi memberikan pengaruh salah satunya yaitu terpaparnya risiko cyber pada anak. Penyebab utama terjadinya risiko cyber dikarenakan kurangnya pemahaman orang tua terhadap future readiness pada anak. Pemahaman orang tua dapat diukur melalui persepsi. Persepsi future readiness sebagai pengukur pendapat orang tua terhadap pentingnya keterampilan untuk menghadapi masa depan anak yang dapat mendukung orang tua dalam implementasi effective media and technology parenting. Terdapat model pendekatan dalam implementasi tersebut pada anak usia 5-12 tahun yaitu dengan pendekatan ABC’s. Maka dari itu, perlunya penelitian ini dengan tujuan mengetahui hubungan antara Persepsi Future readiness dengan implementasi effective media and technology parenting untuk membantu anak terhindar dari paparan cyber risk dan lebih siap menjadi warga digital yang sehat dan baik. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Uji Rank Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Persepsi future readiness dengan implementasi effective media and technology parenting dengan kategori rendah yang memperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,167. Persepsi future readiness orang tua pada anaknya di Kota Surabaya adalah mayoritas orang tua menganggap keterampilan sangat penting untuk menghadapi masa depan anak terutama pada keterampilan Komunikasi memperoleh nilai sebesar 4,232, Kreativitas sebesar 4,203, dan Inisiatif sebesar 4,116. Implementasi effective media and technology parenting orang tua di Kota Surabaya memperoleh nilai yang paling tinggi sebesar 4,014 yaitu melalui pemberian waktu yang seimbang antara screen time dengan aktivitas fisik dengan teman sebayanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnaini, Nurh76218038@uinsby.ac.idH76218038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRozas, Indri Sudanawatiindrisrozas@uinsby.ac.id2021078201
Thesis advisorKunaefi, Anangakunaefi@uinsby.ac.id197911132014031001
Subjects: Kecerdasan
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Persepsi Future readiness; implementasi Effective Media And Technology Parenting; pendekatan ABC’s
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Nur Isnaini
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:09
Last Modified: 27 Sep 2022 02:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55871

Actions (login required)

View Item View Item