Pengaruh faktor demografi, ekonomi, lingkungan sosial, dan literasi keuangan terhadap pola konsumsi rumah tangga dengan gaya hidup sebagai variabel intervening di PT Japfa Comfeed Indonesia Unit Gedangan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Fira Talitha (2022) Pengaruh faktor demografi, ekonomi, lingkungan sosial, dan literasi keuangan terhadap pola konsumsi rumah tangga dengan gaya hidup sebagai variabel intervening di PT Japfa Comfeed Indonesia Unit Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fira Talitha Salsabila_G91218075 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Setiap masyarakat tidak dapat lepas dari kegiatan konsumsi yang dilakukannya untuk mendapatkan kepuasan dan mencapai tingkat kemakmuran atas penggunaan barang dan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor demografi, ekonomi, lingkungan sosial, dan literasi keuangan terhadap pola konsumsi rumah tangga melalui gaya hidup. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan menggunakan data primer yang diambil melalui kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah 100 karyawan PT Japfa Comfeed Indonesia Unit Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian ini melalui uji sobel menjelaskan bahwa gaya hidup mampu memediasi pengaruh jumlah anggota keluarga dan lingkungan sosial terhadap pola konsumsi rumah tangga, akan tetapi gaya hidup tidak mampu memediasi pengaruh pendidikan, pendapatan, dan literasi keuangan terhadap pola konsumsi rumah tangga. Kepada karyawan PT Japfa Comfeed Indonesia Unit Gedangan Kabupaten Sidoarjo disarankan untuk lebih percaya diri dengan apa yang dimiliki sehingga tidak mudah terpengaruh dengan lingkungan sosialnya dan diharapkan mampu meningkatkan literasi keuangan yang dimiliki dan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari, untuk mencegah terjadinya sikap konsumtif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Fira Talithafira970@gmail.comG91218075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.id2011036701
Subjects: Ekonomi
Keywords: Faktor demografi; pendapatan; lingkungan sosial; literasi keuangan; gaya hidup; pola konsumsi rumah tangga
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Fira Talitha Salsabila
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:02
Last Modified: 21 Sep 2022 03:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55883

Actions (login required)

View Item View Item