Anjuran berdoa saat mendengar Ayam berkokok: kajian ma'anil hadith Sunan al-Tirmidhi nomor indeks 3459

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maimunah, Mas Hanik (2022) Anjuran berdoa saat mendengar Ayam berkokok: kajian ma'anil hadith Sunan al-Tirmidhi nomor indeks 3459. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mas Hanik Nur Maimunah_E05218013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada dasarnya al-Qur’an dan Hadis merupakan sumber hukum dan sebagai sumber pedoman hidup manusia. Penelitian ini muncul diawali dengan adanya fenomena nabi Muhammad yang menganjurkan berdoa saat mendengar ayam berkokok. Hal tersebut sangat asing ditelinga orang-orang karena bagaimana keistimewaan ayam berkokok sehingga Nabi mengatakannya. Penelitian ini akan terfokus pada: Pertama, Bagaimana kualitas dan kehujjahan hadis dalam kitab Sunan Al-Tirmi>dhi> nomor indeks 3459? Kedua, bagaimana pemaknaan hadis dalam kitab Sunan Al-Tirmidhi nomor indeks 3459? Ketiga, Bagaimana Implikasi hadis tentang Anjuran berdoa saat mendengar Ayam berkokok dalam kehidupan?. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif yang datanya bersumber dari kepustakaan (library reaserch) dengan menggunakan metode penyajian data secara deskriptif dan analitis. Hadis ini diteliti menggunakan kaidah kritik sanad dan matan hadis, i’tibar, takhrij hadis serta kaidah jarh wa ta’dil, sedangkan pemahaman maknanya menggunakan metode ma’anil hadis dengan menggali makna kontekstual hadis yang direlasikan dengan penjelasan syarah hadisnya. Adapun hasil dari penelitian ini Pertama, kualitas hadis tentang Anjuran berdoa saat mendengar Ayam berkokok adalah Sahih li-dhatihi sedangkan dalam segi kehujjahannya hadis ini termasuk kategori hadis Maqbul yang ma’mulun bih yakni dapat dijadikan hujjah dan diamalkan. Kedua, hadis ini menganjurkan untuk berdoa saat mendengar ayam berkokok karena diharapkan adanya amin dari malaikat yang datang pada saat tersebut yang sering kali hal tersebut diabaikan oleh umat Nabi Muhammad. Beberapa keistimeaan ayam diantaranya memiliki banyak sel kerucut dan retina yang tajam sehingga mampu melihat cahaya yakni malaikat yang tidak dimiliki oleh manusia. Ketiga, Implikasi Hadis Anjuran berdoa saat Ayam berkokok dalam kehidupan manusia adalah berdoa mampu memberi pengaruh terhadap jantung dan menstabilkan gelombang otak manusia. Doa juga mampu memberikan aura positif, ketika dan selesai berdoa biasanya tubuh manusia akan merasa damai, tenang dan bahagia. Hal ini merupakan bukti, bahwa berdoa akan memicu munculnya respon psikologis yang positif. Tingkat hormon stres akan ditekan. Hal yang paling penting bahwa doa juga mampu menjaga sistem kekebalan tubuh manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maimunah, Mas Hanikcikanik4@gmail.comE05218013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFadlilah, Nurnurfadlilah.uinsa@gmail.com2031015801
Subjects: Doa dan Zikir
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Berdoa; Ayam berkokok; hadith Sunan al-Tirmidhi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Mas Hanik Mas Hanik
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:18
Last Modified: 10 Oct 2022 08:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55951

Actions (login required)

View Item View Item