Bangkitnya negara Islam Indonesia kontemporer: analisis arkeologi dan genealogi Michel Foucault

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Budi, Dimas Prastiyo (2022) Bangkitnya negara Islam Indonesia kontemporer: analisis arkeologi dan genealogi Michel Foucault. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dimas Prastiyo Budi_E71218037.pdf

Download (28MB)

Abstract

Skripsi ini berkonsentrasi utama pada tema bangkitnya Negara Islam Indonesia. Keberadaan NII sekian lama tidak terdeteksi oleh pemerintah Republik Indonesia. Namun, pada Oktober 2021 publik telah dikejutkan dengan kebangkitan NII yang mana kebangkitan tersebut ditandai dengan adanya kegiatan pembaiatan atau perekrutan anggota. Di sisi lain, perkembangan Negara Islam Indonesia nampaknya mengikuti perkembangan zaman. Di mana kelompok Negara Islam Indonesia memiliki dua grup facebook yang digunakannya sebagai media untuk menyalurkan ajaran-ajarannya. Tujuan dari penelitian ini tidaklah lain sebagai himbauan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya agar tidak masuk dalam kelompok radikal. Pasalnya, strategi yang dimiliki oleh kelompok radikal khususnya NII dalam menyalurkan ajaran-ajarannya cukuplah mulus seperti pengakuan salah satu seorang korban. Memang, awalnya hanya mengadakan pengajian. Namun, sedikit demi sedikit kelompok tersebut akan menggiring pemikiran para jamaahnya. Apalagi sekarang sosial media berkembang pesat, maka masyarakat diharapkan lebih berhati-hati dalam menggunakannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan library reasearch sebagai cara untuk menggali data dari buku, karya ilmiah dan sumber lain yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis yang digunakan ialah deskriptif analitik dibarengi dengan analisis arkeologi pengetahuan dan genealogi kekuasaan Michel Foucault. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan Negara Islam Indonesia kontemporer tidak terlepas dari kaitan historis. Namun, kaitan historis tersebut tidak sepenuhnya mempengaruhi NII yang sekarang. Kuasa pengetahuan akan selalu memunculkan atau memproduksi pengetahuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Budi, Dimas Prastiyodimasprasbud86@gmail.comE71218037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmam, Muchammad Helmihelmi.umam@uinsby.ac.id2004057901
Subjects: Filsafat
Hukum > Hukum Tata Negara
Ideologi Islam
Keywords: Negara Islam Indonesia; arkeologi pengetahuan; genealogi kekuasaan; Michel Foucault
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Dimas Prastiyo Budi
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:23
Last Modified: 10 Oct 2022 08:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55953

Actions (login required)

View Item View Item