Tinjauan Fikih Siyasah Maliyah terhadap implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) berdasarkan Permensos No. 1 Tahun 2018: studi kasus di Desa Sadengrejo Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulath, Abd. Basith Isnaini (2022) Tinjauan Fikih Siyasah Maliyah terhadap implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) berdasarkan Permensos No. 1 Tahun 2018: studi kasus di Desa Sadengrejo Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abd. Basith Isnaini Yulath_C74218035 ok.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Tinjauan Fikih Siyasah Maliyah Terhadap Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Berdasarkan Permensos No. 1 Tahun 2018 (Studi Kasus di Desa Sadengrejo Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan) dilakukan untuk meneliti dan memecahkan permasalahan sebagaimana diangkat dalam rumusan masalah. Skripsi ini merupakan jenis penelitian yang bersifat empiris dengan pendekatan Yuridis Sosiologis. Pendekatan Yuridis Sosiologis adalah menekankan penelitian yang bertujuan memperoleh pengetahuan hukum secara empiris dengan jalan terjun langsung ke objeknya. Ada dua jenis data yang akan digunakan dalam penelitian ini, yaitu primer dan sekunder. Primer yakni hasil wawancara dan observasi bersama anggota pelaksana, masyarakat desa Sadengrejo serta narasumber/responden yang berkaitan dengan kondisi di lapangan. Sedangkan sekunder yakni dari jurnal-jurnal dan beberapa berkas yang berkaitan dengan penelitian, kemudian berkas-berkas yang terkumpul dianalisis dengan panduan konsep fikih siyasah, khususnya siyasah maliyah karena berperan dalam kehidupan bernegara untuk kemaslahatan dan kesejahteraan rakyat. Berdasarkan hasil temuan dilapangan terkait implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Sadengrejo Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan sudah sesuai Permensos No. 1 Tahun 2018. Akan tetapi ada beberapa modifikasi pada penerapan prosedur PKH yang dilakukan oleh perangkat desa maupun masyarakat. Tinjauan fikih siyasah maliyah terhadap implementasi PKH di Desa Sadengrejo Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan sudah mencapai kata maslahat. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kesejahteraan dan taraf hidup warga Desa Sadengrejo. Penyaluran bantuan PKH seharusnya dievaluasi setiap tahun dari berbagai aspek yang terkait ketepatan sasaran penerima bantuan PKH. Beberapa aspek tersebut meliputi perubahan daftar penerimanya yang mungkin karena adanya penerima bantuan yang sudah meninggal, pindah tempat, dan perubahan status prasejahtera menjadi sejahtera.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulath, Abd. Basith Isnainiabiyelmusa@gmail.comC74218035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasyim, Muh. Fathonimufah.hasyim@gmail.com2010015601
Subjects: Administrasi > Administrasi Umum
Hukum Islam
Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Fikih Siyasah Maliyah; PKH; Desa Sadengrejo
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Abd. Basith Isnaini Yulath
Date Deposited: 21 Sep 2022 06:59
Last Modified: 21 Sep 2022 06:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55991

Actions (login required)

View Item View Item