Implementasi kebijakan operasi militer di Papua dalam perspektif hak asasi manusia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Satriaji, Ilyas (2022) Implementasi kebijakan operasi militer di Papua dalam perspektif hak asasi manusia. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilyas Satriaji_02040420009 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini difokuskan pada pelaksanaan operasi militer yang diharapkan dapat memberi perlindungan HAM terhadap masyarakat Papua. Terdapat dua rumusan masalah, melingkupi: Pertama, bagaimana kebijakan operasi militer di Papua; Kedua, bagaimana bentuk implementasi kebijakan operasi militer di Papua dalam perspektif Hak Asasi Manusia. Penelitian ini dapat digolongkan dalam jenis penelitian hukum empiris dengan pendekatan Socio-legal. Studi ini bertujuan untuk menjelaskan bekerjanya hukum dalam masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan operasi militer merupakan rangkaian tugas (misi) tertentu berupa pengerahan dan penggunaan kekuatan militer untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara Indonesia. Pada pra reformasi dan pasca reformasi kebijakan operasi militer terbilang sangat tertutup dan dilakukan secara masif. Berikut operasi-operasi di Papua, diantaranya: (1) operasi Trikora, (2) operasi Sadar, (3) operasi Baratayuda, (4) operasi Wibawa, (5) operasi pamungkas, (6) operasi senyum, (7) operasi Gagak I dan II, (8) operasi Kasuari I dan II, (9) operasi Rajawali I dan II. Dalam implementasi kebijakan operasi militer di Papua memperlihatkan kurangnya pengawasan dan pengendalian. Masyarakat kerap mengalami penyiksaan dan penganiayaan akibat sikap tidak profesionalnya aparat. Di sisi lain, konfrontasi antara aparat keamanan dan kelompok separatis bersenjata menimbulkan berbagai macam kekerasan dan korban jiwa secara terus menerus, dengan begitu telah mencederai hak-hak asasi yang melekat dimiliki setiap orang, tanpa mengenal atribusi-atribusi yang dimiliki secara personal sebab sifat dasarnya yang universal, semestinya harus dijunjung tinggi, dihormati, diakui dan dilindungi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Satriaji, Ilyaskusuma.ilham89@gmail.com02040420009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHandoko, Priyomailto:priyohandoko@uinsby.ac.id2012026602
Thesis advisorYahya, Khoirulkhoirul_yahya09@yahoo.com2006027202
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Operasi Militer di Papua
Divisions: Program Magister > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Ilyas Ilyas Satriaji
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:11
Last Modified: 22 Sep 2022 03:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56195

Actions (login required)

View Item View Item