Terapi sufistik pada pasien pecandu Narkoba: studi kasus pasien pecandu Narkoba di Pondok 99 Kemlagi Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tonsafa, Cornela (2022) Terapi sufistik pada pasien pecandu Narkoba: studi kasus pasien pecandu Narkoba di Pondok 99 Kemlagi Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cornela Tonsafa_E97218062 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh terapi sufistik bagi pasien pecandu narkoba di Pondok 99 Kemlagi. Problem akademik penelitian ini dirumuskan pada: 1) Bagaimana bentuk dan tata pelaksanaan terapi sufistik di Pondok 99 Kemlagi Mojokerto untuk pasien pecandu narkoba?. 2) Bagaimana dampak terapi sufistik yang dilakukan Pondok 99 Kemlagi Mojokerto terhadap pasien pecandu narkoba?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja terapi sufistik yang dilakukan dan untuk mengetahui tata laksana atau proses terapi sufistik bagi para pasien pecandu narkoba di Pondok 99 Kemlagi Mojokerto dan untuk mengetahui pengaruh terapi sufistik terhadap pasien pecandu narkoba yang berada di Pondok 99 Kemlagi Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan datanya terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini ada dua sumber yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber primernya terdiri dari 5 orang pasien pecandu narkoba, dan sumber sekundernya yakni pengasuh Pondok 99 Kemlagi, serta karya-karya ilmiah yang memiliki relevansi dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini yaitu peneliti menemukan terapi shalat, terapi dzikir, terapi al-Qur’an, dan terapi do’a. Kemudian peneliti juga menemukan perubahan pola pikir, perilaku, dan pengaruh narkoba pada para pecandu narkoba di Pondok 99 Kemlagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tonsafa, Cornelactonsafa@gmail.comE97218062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Syaifullohkenzie102013@gmail.com20207906
Subjects: Islam
Psikoterapi
Keywords: Terapi sufistik; pecandu Narkoba; Pondok 99 Kemlagi Mojokerto
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Cornela Tonsafa
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:16
Last Modified: 22 Sep 2022 07:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56266

Actions (login required)

View Item View Item