Penguatan kapasitas pemuda melalui budidaya kangkung di Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Harisetiawan, Rinaldhi (2022) Penguatan kapasitas pemuda melalui budidaya kangkung di Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rinaldhi Harisetiawan_B92217078 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan hasil dari pendampingan penguatan kapasitas pemuda melalui budidaya kangkung serta mengoptimalkan aset sumber daya alam dan mengembangkan sumber daya manuisa di Desa Besuki. Untuk mendeskripsikan persoalan tersebut, peneliti menggunakan metode ABCD (Asset-Based Community Development) dengan memanfaatkan pemuda Desa Besuki sebagai subjek dari penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan transek kawasan, pemetaan, wawancara dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Low Hanging Fruit dan teknik MSC (Most Significant Variation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Adanya kesadaran pemuda dalam mengoptimalkan aset yang mereka miliki, (2) Adanya peningkatan kapasitas pemuda dalam pengembangan aset yang dimiliki, serta (3) adanya koordinasi dan kerjasama antar pemuda dalam mengembangkan dan mengoptimalkan aset di Desa Besuki. Maka dari itu, melalui kegiatan ini hasil dari proses pendampingan terbukti dapat membawa perubahan lebih baik terhadap pemuda desa, dan memungkinkan mereka untuk meningkatkan kemampuan budidaya kangkung dengan memanfaatkan aset yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Harisetiawan, Rinaldhirinaldhiharisetiawan@gmail.comB92217078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahriesdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Dakwah > Dakwah, Remaja
Dakwah > Dakwah bil Hal
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pengembangan; penguatan kapasitas; kangkung
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rinaldhi Harisetiawan
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:25
Last Modified: 22 Sep 2022 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56293

Actions (login required)

View Item View Item