Perancangan sekolah alam di Kabupaten Mojokerto dengan pendekatan Biophilic Design

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusriyah, Nabilah (2022) Perancangan sekolah alam di Kabupaten Mojokerto dengan pendekatan Biophilic Design. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabilah Yusriyah_H73218038 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 June 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Nabilah Yusriyah_H73218038.pdf

Download (4MB)

Abstract

Indonesia memiliki mutu dan kualitas pendidikan yang cenderung lebih rendah dari negara lain. Permasalahan yang timbul beberapa diantaranya dikarenakan kurikulum dan sistem pembelajaran yang kurang dapat mendukung perkembangan dan kemampuan para siswa. Untuk menyikapi permasalahan yang terjadi salah satunya dengan membentuk sistem pendidikan alternatif yaitu sekolah alam. Sekolah alam adalah salah satu bentuk pendidikan alternatif yang bersifat informal dengan menggunakan alam sebagai media utama pembelajaran siswa didiknya. Di sisi lain terdapat gagasan yang mendukung konsep sekolah alam yaitu manusia adalah makhluk yang menyukai alam dan berada pada kemampuan optimalnya ketika berada di lingkungan alami. Perancangan sekolah alam ini berada Kabupaten Mojokerto tepatnya berada di Jalan Raya Tirtowening, Desa Kembang belor, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto. Kondisi lingkungan masih alami yang merupakan lahan kosong, dapat tumbuh berbagai vegetasi dengan memiliki luasan cukup yang memadai. Adapun pendekatan perancangan sekolah alam ini yaitu Biophilic Design yang ramah lingkungan yang bertujuan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan diharapkan mampu memberikan pendidikan berbasis lingkungan dan membentuk generasi masa depan yang senantiasa menjaga alam. Fenomena yang terjadi merupakan alasan mendasar dari teori biophilic design yang dapat mengantarkan citra desain membawa lingkungan alami ke dalam ruang tempat manusia beraktivitas sehingga dapat beraktivitas dengan optimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusriyah, Nabilahnabilahbingo@gmail.comH73218038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErnawati, Ritarita_ernawati@uinsby.ac.id2003088003
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Subjects: Arsitektur
Belajar
Keywords: Perancangan sekolah alam; pendekatan Biophilic Design
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Nabilah Yusriyah
Date Deposited: 20 Jun 2024 07:15
Last Modified: 20 Jun 2024 07:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56376

Actions (login required)

View Item View Item