Perancangan Islamic Center di Kabupaten Gresik dengan menerapkan pendekatan arsitektur islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mellenia, Elda Virnanda (2022) Perancangan Islamic Center di Kabupaten Gresik dengan menerapkan pendekatan arsitektur islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elda Virnanda Mellenia_H73218030 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia memiliki berbagai macam suku, ras, dan budaya. Selain itu, Indonesia juga memiliki beberapa agama yang dianut oleh masing – masing pemeluknya. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri bahwa Provinsi Jawa Timur mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Gresik merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Jawa Timur, yang memiliki sebutan Kota Wali atau Kota Santri karena adanya potensi wisata religi berupa makam Sunan Giri dan Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim. Selain itu, seperti yang tercatat pada website resmi Kabupaten Gresik bahwa jumlah pondok pesantren yang tersebar di Gresik mencapai 148 pondok pesantren. Namun, Di Kabupaten Gresik belum memiliki wadah dalam kegiatan keagamaan seperti Islamic Center untuk mewadahi masyarakat Gresik dalam sarana meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dalam melaksanakan pengajian akbar dan dakwah.Pendekatan Arsitektur yang diterapkan dalam perancangan ini yaitu Arsitektur Islam. Konsep pemikiran Arsitektur Islam didasarkan dari Al-Quran, hadits, keluarga nabi, khalifah, ulama, dan cendikiawan muslim. Pemilihan pendekatan Arsitektur Islam pada Islamic Center ini berdasarkan isu permasalahan untuk memberi wadah kegiatan keislaman di Kabupaten Gresik agar memberikan corak dan identitas keislaman serta untuk meningkatkan daya saing dan representatif sebagai bangunan Islami.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mellenia, Elda VirnandaEldavirnandaaa@gmail.comH73218030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.com2004108501
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Subjects: Arsitektur
Masjid
Keywords: Islamic Center; Kabupaten Gresik; Arsitektur Islam.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Elda Virnanda Mellenia
Date Deposited: 01 Aug 2023 13:35
Last Modified: 01 Aug 2023 13:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56383

Actions (login required)

View Item View Item