Pelaksanaan Peraturan Menteri Desa Nomor 19 Tahun 2017 terkait prioritas penggunaan dana desa di Desa Karangrejo Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik dalam perspektif Fiqih Syiasah Maliyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubham, Idlohul (2022) Pelaksanaan Peraturan Menteri Desa Nomor 19 Tahun 2017 terkait prioritas penggunaan dana desa di Desa Karangrejo Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik dalam perspektif Fiqih Syiasah Maliyah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Idlohul Mubham_C04218009 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul ‚ Pelaksanaan Peraturan Menteri Desa Nomor 19 Tahun 2017 Terkait Prioritas Penggunaan Dana Desa Di Desa Karangrejo Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik Dalam Perspektif Fiqih Syiasah Maliyah bertujuan untuk melihat tentang bagaimana prioritas penggunaan Dana Desa Peraturan Menteri Desa Nomor 19 Tahun 2017 dan bagaimana Prioritas Penggunaan Dana Desa Perspektif Fiqh Siyasah. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris, dengan menitikberatkan pada tipe penelitian hukum yuridis empiris (sociological jurisprudence). Penelitian hukum yuridis empiris (sociological jurisprudence) berbasis pada ilmu hukum normatif (peraturan perundangan) tetapi bukan mengkaji mengenai sistem norma dalam aturan perundangan, namun mengamati bagaimana reaksi dan interaksi yang terjadi ketika sistem norma itu bekerja didalam masyarakat. Penelitian ini juga sering disebut sebagai penelitian bekerjanya hukum (law in action) yang mendasarkan pada doktrin para realis Amerika seperti Holmes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah desa dalam prioritas penggunaan dana desa di desa karangrejo Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik tidak sesuai Peraturan Menteri Desa Nomor 19 Tahun 2017 Terkait Prioritas Penggunaan Dana Desa karena pada tahun 2017 prioritas penggunaan dana desa hanya di prioritaskan untuk pembangunan sedangkan pemberdayaan masyrakat tidak di priotaskan.Di dalam perspektif fiqh siyasah, prioritas pengunaan dana desa di Desa Karangrejo Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik tidak sesuai karena prioritas penggunaan dana desa tidak sesuai dengan peruntukan yang telah ditentukan dalam peraturan yang dibuat oleh peremerintah. Penulis mengharapkan untuk kedepanya pemerintah Desa Karangrejo dapat melakukan memprioritaskan penggunaan dana desa lebih optimal, dan masyarakat Desa Karangrejo seharusnya turut serta dalam melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana desa agar mereka semua mengetahui trealisasinya dana desa untuk keperluan dan kemaslahatan yang bertujuan untuk berkembangnya masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubham, Idlohulidhomubham46@gmail.comC04218009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukamto, Sukamtokamtoindoraya@yahoo.com2012036001
Subjects: Hubungan Masyarakat
Peradilan Agama Islam
Pertamanan
Keywords: Peraturan menteri nomor 19 tahun 2017; pemerintah desa; Fiqh Siyasah Maliyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: idlo mubham
Date Deposited: 22 Sep 2022 08:39
Last Modified: 22 Sep 2022 08:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56432

Actions (login required)

View Item View Item