Rekonstruksi dan rehabilitasi permukiman pasca gempa di Desa Senaru Lombok Utara dengan pendekatan mitigasi bencana

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nizar, M. Abdullah Haris (2022) Rekonstruksi dan rehabilitasi permukiman pasca gempa di Desa Senaru Lombok Utara dengan pendekatan mitigasi bencana. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Abdullah Haris Nizar_H03216016 ok.pdf

Download (13MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu wilayah dengan tatanan tektonik aktif di dunia sehingga dari interaksi pertemuan menyebabkan aktivitas gempa bumi di Indonesia memiliki frekuensi kejadian yang cukup tinggi. Pada tahun 2018, Pulau Lombok mengalami beberapa rangkaian gempa bumi. Gempa terbesar terjadi pada 5 Agustus 2018 dengan magnitude sebesar 7.0, yang terjadi pada daerah utara Pulau Lombok mengakibatkan korban meninggal dunia sebesar 405 jiwa, 829 luka-luka serta kerusakan 49.853 bangunan yang mengakibatkan hilangnya rumah pemukiman layak dan kelumpuhan ekonomi. Bencana gempa bumi di Pulau Lombok memerlukan rencana rekonstruksi dan rehabilitasi secara cepat dan tepat supaya warga yang terdampak gempa mendapatkan tempat tinggal yang layak untuk dihuni, serta memulihkan perekonomian masyarakat yang lumpuh akibat gempa bumi. Dalam proses rekonstruksi dan rehabilitasi ini diperlukan pendekatan mitigasi melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Rekonstruksi dan rehabilitasi dengan pendekatan mitigasi bertujuan untuk mendorong kembali pemulihan di sektor-sektor lainnya dan pencegahan terhadap bencana mendatang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nizar, M. Abdullah Harismabdullahharisnizar@gmail.comH03216016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyariah, Arfianiarfianisyariah@gmail.com2027028302
Thesis advisorNoverma, Novermanoverma18@gmail.com2018118102
Subjects: Arsitektur
Keywords: Indonesia; Lombok; Desa Senaru; gempa bumi; rekonstruksi dan rehabilitiasi; pendekatan mitigasi bencana
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Mohammad Abdullah Haris Nizar
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:11
Last Modified: 23 Sep 2022 03:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56435

Actions (login required)

View Item View Item