Mengurai keterbelengguan petani Desa Wangluwetan Kecamatan senori Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Erlita, Dini (2022) Mengurai keterbelengguan petani Desa Wangluwetan Kecamatan senori Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dini Erlita_B72218061 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang situasi pertanian kimia di Desa Wangluwetan, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban. Tingginya penggunaan pupuk dan bahan kimia pada pertanian berakibat pada munculnya dampak negatif diantaranya kesuburan tanah menurun, meningkatnya tingkat resistensi hama pertanian serta tingginya modal pertanian yang harus dikeluarkan oleh petani. Kondisi ini semakin diperparah dengan adanya ketimpangan relasi serta rendahnya daya tawar dan informasi pasar sehingga menyebabkan petani semakin terbelenggu. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui situasi keterbelengguan petani Desa Wangluwetan dan upaya untuk menguranginya dengan adanya pengorganisasian petani untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR), dimana untuk memecahkan masalah peneliti melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat Desa Wangluwetan. Dengan pendekatan PAR diharapkan masyarakat dapat mengetahui masalah yang mereka hadapi dan mencari solusi terhadap masalah tersebut. Sehingga perubahan sosial kearah yang lebih baik dapat terjadi. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan pemetaan awal, membangun hubungan, menentukan agenda riset, melakukan pemetaan partisipatif, merumuskan masalah, menyusun strategi, melalukan proses pengorganisasian, melakukan aksi perubahan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik Focus Grup Discussion (FGD), wawancara, pemetaan partisipatif, kalender musim dan transek. Adapun yang terjadi setelah adanya proses pengorganisasian yaitu masayarakat memiliki pemahaman tentang bahaya dan dampak penggunaan produk kimia secara berkelanjutan bagi pertanian, adanya pengetahuan mengenai pembuatan pupuk organik cair dan pestisida nabati sebagai bahan alternatif penunjang pertumbuhan tanaman, lebih optimalnya peran kelompok tani dan adanya usulan kebijakan desa yang berpihak pada terciptanya sistem pertanian ramah lingkungan sehingga dapat mengurangi keterbelengguan petani desa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Erlita, Dinidinierlita86@gmail.comB72218061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Ekonomi
Masalah sosial
Keywords: Keterbelengguan petani; pengorganisasian; pertanian ramah lingkungan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: dini erlita
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:25
Last Modified: 23 Sep 2022 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56448

Actions (login required)

View Item View Item