Kontribusi komoditas kopi dalam meningkatkan perekonomian di Desa Amadanom, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suseno, Handoko Bayu (2022) Kontribusi komoditas kopi dalam meningkatkan perekonomian di Desa Amadanom, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Handoko Bayu Suseno_G71218039 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kontribusi Komoditas Kopi Dalam Meningkatkan Perekonomian di Desa Amadanom, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang” merupakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan terkait kontribusi komoditas kopi dalam meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat petani kopi di Desa Amadanom, kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan datanya melalui tahap wawancara, observasi dan dokumentasi. Menggunakan teknik pengumpulan pusposive sampling yang dilakukan kepada perangkat desa, petani kopi, pemilik usaha, karyawan, petani non kopi (tebu, pisang, singkong). Hasil penelitian menjelaskan bahwa komoditas kopi memberikan kontribusi yang tinggi terhadap perekonomian yaitu sebesar 68%, artinya komoditas kopi layak untuk diusahakan dan perlu terus diperhatikan oleh dinas pertanian maupun pemerintah desa dalam menghasilkan kopi yang konsisten serta harga jual yang stabil dipasaran. Berdasarkan kesejahteraan sebanyak 52,5% masyarakat dapat terpenuhi kebutuhan pokok atau terbilang keluarga sejahtera karena mampu memenuhi taraf ukur sejahtera degan hanya mengandalkan komoditas kopi sebagai sumber pendapatan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pemerintah desa maupun dinas pertanian dapat membantu masyarakat dengan memberikan pelatihan budidaya kopi atau pelatihan dalam memanfaatkan komoditas kopi dan membantu mempermudah masyarakat dalam menjual hasil panen kopi. Sehingga nantinya masyarakat di Desa Amadanom, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang akan mengalami peningkatan perekonomian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suseno, Handoko Bayuhandokobayu2100@gmail.comG71218039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Hapsari Wijihapsari.wiji@uin.sby.ac.id2108038604
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Perkebunan
Keywords: Kontribusi; komoditas kopi; perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Handoko Bayu Suseno
Date Deposited: 22 Sep 2022 08:00
Last Modified: 22 Sep 2022 08:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56463

Actions (login required)

View Item View Item