Sejarah keterlibaan tokoh-tokoh Komunis di dalam Sarekat Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhtadin, Sabilal (2022) Sejarah keterlibaan tokoh-tokoh Komunis di dalam Sarekat Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sabilal Muhtadin_A02218033 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Keterlibatan Tokoh-tokoh komunis di dalam Sarekat Islam”, rumusan masalah yang menjadi pembahasan dalam penelitian ini meliputi, 1. Bagaimana sejarah berdirinya Sarekat Islam di Indonesia? 2. Bagaimana sejarah masuknya paham komunisme di Indonesia? 3. Bagaimana tokoh-tokoh komunis terlibat dalam Sarekat Islam? Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis yang digunakan untuk mengkaji seperti apa peristiwa yang terjadi pada masa lalu. Sedangkan konsep teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori dialektika dari George Hegel yang menyatakan bahwa sejarah dan proses geraknya juga diperngaruhi oleh dialektika, yaitu pertemuan antara tesis dengan antitesis yang kemudian menghasilkan sintesis. Seperti hubungan antara dua organisasi yang bertolak belakang, kemudian hasil dari keduanya membentuk organisasi yang baru. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1. Latar belakang berdirinya Sarekat Islam berawal dari dominasi pedagang asing di atas pedagang pribumi. Hal inilah kemudian membuat H. Samanhudi, salah satu pedagang batik merasa prihatin memulai untuk mendirikan organisasi yang diberi nama Sarekat Dagang Islam pada 1911. 2. Sejarah masuknya paham komunisme di Indonesia ini berawal dari kedatangan Henk Sneevliet ke Hindia Belanda pada tahun 1914, kemudian dia mendirikan ISDV (Indische Social Demoratische Vereniging). Tahun 1920, ISDV berubah menjadi Perserikatan Komunis Hindia Belanda yang menjadi cikal bakal PKI. 3. Keterlibatan tokoh-tokoh komunis ke dalam Sarekat Islam ini berawal dari masuknya Semaun Darsono, Alimin dan Tan Malaka sebagai anggota ISDV ke dalam Sarekat Islam. Tujuan mereka adalah untuk memengaruhi Sarekat Islam agar berpahamkan komunis, dan hasilnya terbentuklah Sarekat Islam Merah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhtadin, Sabilalsabilalmuhtadin51@gmail.comA02218033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufrodi, Aliali.mfd52@gmail.com2017065201
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com196808062000031003
Subjects: Ideologi Politik
Organisasi Masyarakat
Keywords: Sarekat Islam; Komunisme; agama Islam; ideologi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Sabilal Muhtadin
Date Deposited: 23 Sep 2022 04:28
Last Modified: 23 Sep 2022 04:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56513

Actions (login required)

View Item View Item