KORELASI ANTARA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DENGAN PERILAKU SISWA KELAS IX DI MTS. DARUSSALAM SIDODADI TAMAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khusna, Miftakhul (2016) KORELASI ANTARA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DENGAN PERILAKU SISWA KELAS IX DI MTS. DARUSSALAM SIDODADI TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama Islam khususnya pada mata pelajaran aqidah akhlaq mempunyai peran yang sangat penting, yakni untuk menciptakan manusia beriman dan bertaqwa yang mempunyai perilaku atau akhlaq yang baik. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana korelasi atau hubungan antara hasil belajar pada mata pelajaran aqidah akhlaq dengan perilakusiswa kelas IX MTs. Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data, menggunakan tabel distribusi frekuensi, statistik korelasi Product Moment Pearson, dan tabel interpretasi nilai r Product Moment Pearson.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlaq kelas IX MTs. Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan rata-rata hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlaq sebesar 76,2, pada interval 61–80. (2) Perilaku siswa kelas IX MTs. Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo, juga dalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata perilaku siswa sebesar 62,13, pada interval 61–80. (3) Hasil perhitungan korelasi product moment, adalah 0,385. Sedangkan rtabel dengan dk = 45 pada taraf signifikansi 5% adalah 0,294, dan pada taraf signifikansi 1% adalah 0,380. Hal ini menunjukkan bahwa rhitung lebih besar dari pada rtabel (0,3850,294) / (0,385  0,380), ini berarti terdapat hubungan atau korelasi yang signifikan antara hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlaq (variabel X) dengan perilaku siswa kelas IX MTs. Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo (variabel Y). Dan rhitung berada dalam kisaran 0,20–0,40 pada tabel intrepretasi r product moment, yang menunjukkan bahwa terdapat korelasi antar kedua variabel tetapi korelasi itu lemah atau rendah. Jadi dapat disimpulkan, bahwa terdapat korelasi yang signifikan namun lemah antara hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlaq dengan perilaku siswa kelas IX MTs. Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khusna, MiftakhulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Perilaku
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miftakhul Khusna
Date Deposited: 14 Apr 2016 07:29
Last Modified: 14 Apr 2016 07:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5653

Actions (login required)

View Item View Item