Zuhud perspektif Kiai Kaya di Bangkalan: tinjauan analisis zuhud al Ghazali dan Hamka

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maksum, Imam (2022) Zuhud perspektif Kiai Kaya di Bangkalan: tinjauan analisis zuhud al Ghazali dan Hamka. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Maksum_E07215008 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini meneliti konsep zuhud dalam perspektif Kiai kaya di Bangkalan. Skripsi ini berangkat dari latar belakang di mana masih banyak yang berpandangan bahwa zuhud adalah menjauhi duniawi secara mutlak serta fonomena kiai kaya di Bangkalan yang di sisi lain juga aktif dalam pencapaian karir bisnis dan politik serta aktif dalam dunia tasawuf. Melihat realita tersebut maka penulis tertarik untuk menjadikan objek penelitian dalam skripsi ini. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana definisi dan konsep zuhud dalam pendangan kiai kaya di Bangkalan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reaserch) dengan metode penelitian kualitatif. Dalam karya ini penulis mengumpulkan beberapa perspektif dari Kiai kaya di Bangkalan kemudian di analisis menggunakan pedekatan teori zuhud. Hasil penelitian ini memaparkan konsep zuhud yang relevan untuk dijalankan di zaman modern seperti sekarang ini. Konsep zuhud yang ditawarkan penuh dengan kehamonisan antara dunia dan akhirat. Analisis data menghasilkan sebuah konklusi bahwa zuhud semestinya tidak menjadikan umat Islam menjadi terbelakang dan justru menjadi pribadi yang aktif dalam ruang sosial.menetapkan tendensius zuhud pada orientasi integratif, inklusif dan fungsional. Zuhud dijadikan sebuah metode dalam menyikapi dunia agar tidak bersikap meterialistik, individualis dan hedonis. Sedangkan karakter zuhud dalam konsep kiai kaya Bangkalan menyerupai pandangan al-Ghazali dan Hamka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maksum, Imamyayasanalamienburneh@gmail.comE07215008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, GhoziUNSPECIFIED197710192009011006
Subjects: Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Keywords: Zuhud; Kaya; kiai; tasawuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Imam Maksum
Date Deposited: 07 Nov 2022 08:54
Last Modified: 07 Nov 2022 08:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56538

Actions (login required)

View Item View Item