Pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi Benime dalam meningkatkan prestasi pemahaman materi Al Quran Hadits di Minu Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khalidiyah, Tuhfatul (2022) Pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi Benime dalam meningkatkan prestasi pemahaman materi Al Quran Hadits di Minu Ngingas Waru Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tuhfatul Khalidiyah_02040820067 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih sering dilakukan secara pasif atau ceramah saja, tanpa menggunakan media sebagai pendukung pemahaman siswa. Sehingga yang terjadi adalah tujuan pembelajaran tidak tercapai secar maksimal, karena siswa merasa kurang tertarik untuk memahami materi. Oleh karena itu, peneliti berusaha mengembangkan media pembelajaran menggunakan aplikasi benime. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan aplikasi Benime, serta efektivitasnya dalam meningkat prestasi pemahaman materi Al-quran Hadits di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RnD) yang mengacu pada model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, yakni define; design; development, dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III-C yang berjumlah 36 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket validasi, dan tes. Hasil pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi Benime mengacu pada model pengembangan 4D, yakni meliputi: (a) tahap define (pendahuluan), meliputi menganalisan dan mendefinisikan kebutuhan pengguna; (b) tahap design (perancangan), meliputi perancangan produk yang diawali dengan pemilihan tema dan disesuaikan dengan KI dan KD; (c) tahap develop (pengembangan), meliputi penilaian oleh para ahli dan uji coba terbatas; dan (4) tahap disseminate (penyebaran), yakni menyebarkan produk yang telah direvisi. Efetivitas media pembelajaran menggunakan aplikasi Benime dalam meningkatkan prestasi pemahaman materi Al-quran Hadits menunjukkan signifikansi perbedaan hasil pretest dan postest antara sebelum menggunakan media dan setelah menggunakan media. Nilai rata-rata sebelum menggunakan media 50,97 dengan standar deviasi 18,929 sedangkan setelah menggunakan media 79,44 dengan standar deviasi 10,473. Dari hasil paired-sample test diperoleh nilai t hitung 17,753 dan nilai t tabel 2,02809 serta nilai signifikansi (p-value) 0,000. Nilai t hitung lebih besar dari t tabel dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yang menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media pembelajaran menggunakan aplikasi Benime lebih efektif dari pada tidak menggunakan media.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khalidiyah, Tuhfatultuhfatulkhalidiyah@gmail.com02040820067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Pendidikan
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pengembangan media pembelajaran; aplikasi Benime; prestasi pemahaman al Quran Hadits
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tuhfatul Khalidiyah
Date Deposited: 23 Sep 2022 07:29
Last Modified: 23 Sep 2022 07:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56581

Actions (login required)

View Item View Item