This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Setiawan, Roni (2022) Pola interaksi edukatif dalam pembelajaran PAI pada siswa berkebutuhan khusus di SMAN 1 Gedangan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Roni Setiawan_D01218044 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Roni Setiawan_D01218044 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 15 October 2027. Download (2MB) |
Abstract
Pola interaksi edukatif merupakan pola proses timbal balik antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang mengandung nilai-nilai edukatif yang didasarkan pada sebuah tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendalami beberapa masalah yaitu: (1) pola interaksi edukatif yang diterapkan dalam proses pembelajaran PAI pada siswa berkebutuhan khusus di SMAN 1 Gedangan (2) faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi guru saat menerapkan pola interaksi edukatif dalam pembelajaran PAI pada siswa berkebutuhan khusus di SMAN 1 Gedangan (3) solusi dari hambatan yang dihadapi guru dalam menerapkan pola interaksi edukatif dalam pembelajaran PAI pada siswa berkebutuhan khusus di SMAN 1 Gedangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpulkan berasal proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik purposive sampling digunakan dalam menentukan informan sebagai sumber data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pola interaksi edukatif dalam pembelajaran PAI pada siswa berkebutuhan khusus di SMAN 1 Gedangan dilaksanakan berdasarkan kurikulum reguler yakni Kurikulum 2013 dan kurikulum Merdeka dengan adanya beberapa modifikasi dan penyesuaian dalam komponen-komponen seperti tujuan, materi dan evaluasi. Pola komunikasi dalam proses interaksi edukatif dalam pembelajaran PAI yang diterapkan adalah perpaduan antara pola satu arah yang diimplementasikan menggunakan metode ceramah, pola dua arah yang diimplementasikan dengan metode tanya jawab dan pola multi arah yang diimplementasikan dengan metode diskusi antar siswa. (2) Faktor penghambat yang ditemui adalah kurangnya pengetahuan dan wawasan guru terkait penanganan siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran dan motivasi belajar siswa serta kemampuan komunikasi siswa yang kurang untuk mengikuti alur pembelajaran yang disampaikan guru. Sementara faktor pendukung keberhasilan proses interaksi edukatif dalam pembelajaran PAI adalah koordinasi dan komunikasi rutin antara guru pendamping khusus dan guru PAI, serta kemampuan guru PAI untuk membangun kedekatan personal dengan siswa berkebutuhan khusus. (3) Solusi atas faktor penghambat yang ditemukan berupa kekurangan kompetensi guru dalam penanganan siswa berkebutuhan khusus adalah dengan meningkatkan kompetensi guru mata pelajaran dalam mengelola dan menangani siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran dengan mengikuti workshop yang diselenggarakan oleh sekolah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Komunikasi Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem Anak > Anak Penyandang Cacat |
||||||||||||
Keywords: | Interaksi Edukatif; PAI; Siswa Berkebutuhan Khusus | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | RONI SETIAWAN | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Oct 2024 04:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Oct 2024 04:35 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56614 |
Actions (login required)
View Item |