Konsep la ghaliba illa billah Pagar Nusa sebagai peningkatan Spiritual Quotient (SQ) Pemuda Desa Sugiharjo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Faruq, Ahmad Irvan (2022) Konsep la ghaliba illa billah Pagar Nusa sebagai peningkatan Spiritual Quotient (SQ) Pemuda Desa Sugiharjo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Irvan al Faruq_E07217002 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang konsep Lā Ghāliba Illa Billāh yang diajarkan Organisasi Pencak Silat Pagar Nusa (PN) sebagai bentuk sarana untuk meningkatkan Spiritual Quotient, dengan menggunakan ajaran Tasawuf. Adapun rumusan masalah yang dibahas adalah: Apa yang di Maksud dengan konsep Lā Ghāliba Illa Billāh Pagar Nusa Sebagai Peningkatan Spiritual Quotient (SQ) Pemuda Desa Sugiharjo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban ? dan Bagaimana konsep Lā Ghāliba Illa Billāh Pagar Nusa Sebagai Peningkatan Spiritual Quotient (SQ) Pemuda Desa Sugiharjo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. Sejauh penelusuran yang dilakukan, kajian tentang konsep Lā Ghāliba Illa Billāh Pagar Nusa Sebagai Peningkatan Spiritual Quotient (SQ) belum banyak ada penelitian. Maka dari itu, penelitian yang menggunakan metode kualitatif yang selanjutnya tema dari penilitian ini akan diperinci secara komprehensif. Lā Ghāliba Illa Billāh Pagar Nusa Sebagai Peningkatan Spiritual Quotient (SQ) Pemuda di Desa Sugiharjo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban yang diajarakan oleh anggota pagar nusa itu merupakan salah satu pondasi akhlak yang sangat dipegang teguh oleh anggota pagar nusa dimana konsep tersebut merupakan sikap dalam upaya mewujudkan dunia sejahtera, damai dan selamat dunia akhirat, dengan tertuju pada nilai-nilai budi pekerti luhur, moral atau Akhlaq al-Karimah. Adapun dalam mewujudkan konsep tersebut penulis menemukan ada tiga poin penting atara lain; (1) Relasi Tuhan dengan manusia (2) Relasi humanisme dengan naturalisme (3) Relasi antar manusia dengan sesama, diketahui pada ajaran sufisme yang telah mengkontruksikan nilai akhlaq yang begitu vital, sekaligus membangun kesimbanungan antara relasi Tuhan, Manusia dan juga alam., sehingga konsep Lā Ghāliba Illa Billāh Pagar Nusa bisa menjadi sarana untuk meningkatkan Spiritual Quotient (SQ bagi pemuda Desa Sugiharjo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Faruq, Ahmad Irvanahmadirvanalfaruq98@gmail.comE07217002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHodri, Hodrihodria@yahoo.com2017117001
Subjects: Pencak Silat
Psikoterapi
Keywords: La ghaliba illa billah; Pagar Nusa; pencak silat; spiritual quotient
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ahmad Irvan Al Faruq
Date Deposited: 23 Sep 2022 08:53
Last Modified: 23 Sep 2022 08:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56743

Actions (login required)

View Item View Item