Pola komunikasi dalam membentuk healthy relationship dengan kekasih pada Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amendy, Meisinta Mega (2022) Pola komunikasi dalam membentuk healthy relationship dengan kekasih pada Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Meisinta Mega Amendy_B75218067 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus remaja-dewasa yang terjerumus dalam kekerasan dalam berpacaran, kekerasan fisik maupun non-fisik. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pola dan bentuk komunikasi mahasiswa terhadap pasangan kekasih dalam membentuk healthy relationship (hubungan sehat). Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode deskriptif-kualitatif serta pendekatan studi kasus dalam bingkai teori pertukaran sosial (Social Exchange Theory). Dari hasil penelitian ini dapat mengutarakan bahwa: Pertama, pola komunikasi mahasiswa terhadap kekasih dalam membentuk healthy relationship adalah pola komunikasi primer, sekunder, dan sirkular. Kedua, bentuk komunikasi mahasiswa terhadap kekasih yang digunakan adalah interpersonal. Ketika komunikasi interpersonal yang dibentuk baik maka akan terbentuk juga hubungan interpersonal yang baik pula. Teori Pertukaran Sosial menyatakan bahwa pendekatan pada pertukaran hubungan sosial ini seperti teori ekonomi yang didasarkan pada perbandingan pengorbanan dan keuntungan (Cost and Rewards). Hubungan berlanjut karena yang didapat informan adalah nilai keuntungan yang tinggi daripada pengorbanan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amendy, Meisinta Megameisintamega@gmail.comB75218067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalisah, Nikmah Hadiatinikmah_hs@yahoo.co.id2014017301
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Pola komunikasi; pasangan kekasih; healthy relationship; teori pertukaran sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meisinta Mega Amendy
Date Deposited: 03 Oct 2022 06:44
Last Modified: 03 Oct 2022 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56826

Actions (login required)

View Item View Item