Konstruksi pesan dakwah pada blog Islami.co tentang perjalanan Cinta Gita Savitri dengan pria non-muslim: analisis Framing Model Gamson dan Modigliani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kameidah, Kameidah (2021) Konstruksi pesan dakwah pada blog Islami.co tentang perjalanan Cinta Gita Savitri dengan pria non-muslim: analisis Framing Model Gamson dan Modigliani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kameidah_B91217125.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perdebatan mengenai pernikahan beda agama bukanlah fenomena baru di masyarakat. Hingga kini, perdebatan tersebut masih berlanjut di berbagai kalangan karena perbedaan pandangan antar ulama satu dengan ulama yang lain. Di masa kini, pernikahan beda agama masih terjadi. Beberapa public figure melakukan pernikahan beda agama dan kebanayakan kurang berhasil. Sehingga harus meninggalkan agama yang telah dianut dan mengikuti agama istri/suami. Salah satu public figure yang menjalani hubungan beda agama adalah Gita Savitri. Ia menikahi suaminya, Paul, yang beragama kristen pada 2019 lalu. Di balik hubungan yang berbeda latar belakang tersebut, Islami.co menelisik apa saja yang terjadi di antara mereka berdua. Penelitiian ini kemudian mencoba menganalisis konten yang dimuat dalam situs tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode analisis framing Gamson dan Modigliani. Penelitian ini mengulik bagaimana wartawan Islami.co membingkai pesan tentang percintaan beda agama yang dilakukan oleh Gita Savitri Devi dan pasangannya. Penelitian ini kemudian menghasilkan kesimpulan bahwa Islami.co membingkai pesan kisah cinta beda agama akan menambah pengenalan dan memotivasi seseorang untuk memperdalam ilmu tentang sebuah agama. Di sisi lain, seseorang yang mengalami konversi agama, akan mendapatkan tekanan dari keluarga, teman-teman, dan lingkungannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kameidah, Kameidahmemekame05@gmail.comB91217125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAffandi, Masduqirusydalama@gmail.com2021015702
Subjects: Dakwah > Dakwah - Islam
Keywords: Analisis framing; gamson dan modigliani; beda agama; kisah cinta
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Kameidah Kameidah
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:34
Last Modified: 18 Oct 2023 06:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57000

Actions (login required)

View Item View Item