Upaya literasi dan strategi pengembangan produk Gadai emas di Bank Syariah Indonesia Cabang Gresik Kartini

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nugraha, Raniah Tasya (2022) Upaya literasi dan strategi pengembangan produk Gadai emas di Bank Syariah Indonesia Cabang Gresik Kartini. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Raniah Tasya Nugraha_G04218053 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Raniah Tasya Nugraha_G04218053 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 October 2027.

Download (3MB)

Abstract

Saat ini perkembangan perbankan syariah memiliki produk yaitu gadai syariah, dan praktiknya menggunakan prinsip syariah. Emas bernilai tinggi yang relatif stabil, nilainya cenderung meningkat, memungkinkan pelanggan untuk memiliki kembali emas yang digadaikan dengan mengembalikan jumlah pinjaman dari bank. Gadai emas syariah memiliki ciri khas dibandingkan dengan pegadaian lainnya. Emas merupakan logam mulia yang memiliki nilai tinggi dan merata selalu menunjukkan tren positif setiap tahunnya. Emas juga merupakan harta benda yang mudah dimiliki. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian berbasis lapangan atau field research yakni penelitian yang langsung datang ke lapangan. Sumber data ini berasal dari data primer dan sekunder. Data primer didapat melalui wawancara observasi terhadap pihak yang terkait Pawning Sales Officer, masyarakat serta nasabah dari Bank Syariah Indonesia, juga dokumentasi terkait gadai emas sedangkan data sekunder berasal dari studi literatur, internet, dan lain sebagainya. Hasil dari penelitian ini adalah Minimnya pemahaman nasabah tentang jenis serta manfaat gadai emas di Bank Syariah Indonesia KC Gresik Kartini yang penyebabnya yakni minimnya animo masyarakat tentang produk gadai, lemahnya perspektif masyarakat tentang bank syariah, ketidakmauan nasabah lembaga keuangan konvensional agar beralih ke bank syariah, jenis emas yang bisa diambil gadai emas memiliki keterbatasan, jumlah kantor yang ada di Bank Syariah Indonesia juga memiliki keterbatasan. Berdasarkan hasil penelitian di atas diharapkan PT Bank Syariah Indonesia Tbk lebih mengembangkan pemberian literasi, promosi, dan pembinaan terhadap semua karyawan untuk saling bekerjasama untuk pengembangan produk gadai emas agar animo masyakarat mengalami peningkatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nugraha, Raniah Tasyaraniahtasya@gmail.comG04218053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com-
Subjects: Gadai
Keywords: Gadai emas; Upaya pemberian Literasi; Strategi Pengembangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Raniah Tasya Nugraha
Date Deposited: 12 Oct 2024 11:01
Last Modified: 12 Oct 2024 11:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57030

Actions (login required)

View Item View Item