Pengaruh pengetahuan investasi, motivasi investasi, dan risiko investasi terhadap minat berinvestasi di pasar modal oleh mahasiswa/i ekonomi di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahidah, Agustin Mutia (2022) Pengaruh pengetahuan investasi, motivasi investasi, dan risiko investasi terhadap minat berinvestasi di pasar modal oleh mahasiswa/i ekonomi di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agustin Mutia Syahidah_ G73218037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan jumlah investor yang didominasi oleh usia di bawah 30 tahun ini senantiasa diawasi oleh OJK, apakah peningkatan tersebut disebabkan pengetahuan dan informasi yang dimiliki mereka atau hanya sedang mengikuti tren investasi pasar modal yang sedang terjadi. Mengingat dari tahun 2019 indeks literasi keuangan masyarakat di Indonesia masih dibawah 5% dibanding lembaga keuangan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pengetahuan investasi terhadap minat berinvestasi di pasar modal oleh mahasiswa/i ekonomi di Surabaya secara parsial, untuk mengetahui pengaruh variabel motivasi investasi terhadap minat berinvestasi di pasar modal oleh mahasiswa/i di Surabaya secara parsial, untuk mengetahui pengaruh variabel risiko investasi terhadap minat berinvestasi di pasar modal oleh mahasiswa/i ekonomi di Surabaya secara parsial dan untuk mengetahui pengaruh antara variabel pengetahuan investasi, motivasi investasi dan risiko investasi terhadap minat berinvestasi di pasar modal oleh mahasiswa/i ekonomi di Surabaya secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif jenis penelitian asosiatif berbentuk hubungan kausal. Populasi penelitian adalah mahasiswa/i ekonomi Fakultas Ekonomi di Surabaya baik pada Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang memiliki Galeri Investasi. Sampel penelitian berjumlah 396 responden dengan teknik sampel propotional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner secara tertutup. Metode analisis data dilakukan dengan beberapa tahap diantaranya uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis dengan software SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pengetahuan investasi tidak berpengaruh terhadap minat berinvestasi secara parsial, motivasi investasiberpengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi secara parsial, risiko investasi berpengaruh terhadap minat berinvestasi secara parsial. Pada uji simultan penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan investasi, motivasi investasi dan risiko investasi berpengaruh terhadap minat berinvestasi dengan persentase sebesar 39,4%.Bagi pihak perusahaan sekuritas diharapkan dapat menampilkan keuntungan dan risiko yang dimiliki sehingga investor dapat mudah mencari dan mempelajari infomasi tersebut sebelum memulai investasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahidah, Agustin Mutiaagustinmutiass8@gmail.comG73218037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaghfiroh, Rahma Ulfarahma.ulfa@uinsby.ac.id198612132019032009
Subjects: Investasi
Keywords: Pengetahuan Investasi; Motivasi Investasi; Risiko Investasi, Minat Berinvestasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Agustin Mutia Syahidah
Date Deposited: 19 Oct 2022 01:02
Last Modified: 19 Oct 2022 01:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57072

Actions (login required)

View Item View Item