Sistem pelayanan KSPPS dalam meningkatkan kepuasan anggota pada KSPPS BMT Rukun Abadi Perak Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ikhsan Satria Bimasagti, Moch. (2022) Sistem pelayanan KSPPS dalam meningkatkan kepuasan anggota pada KSPPS BMT Rukun Abadi Perak Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Ikhsan Satria Bimasagti_G74218096.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan, yaitu: 1) Bagaimana sistem pelayanan KSPPS BMT Rukun Abadi Perak Jombang? 2) Bagaimana analisis sistem pelayanan KSPPS terhadap tingkat kepuasan anggota KSPPS BMT Rukun Abadi Perak Jombang. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan pola induktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sistem pelayanan KSPPS BMT Rukun Abadi Perak Jombang sudah sangat baik sebab terdapat tiga pelayanan yang diterapkam di BMT Rukun Abadi Perak Jombang yaitu sistem pelayanan di kantor, pelayanan dekat sarana prasarana publik dan pelayanan unggulan yang diberikan oleh pihak BMT Rukun Abadi Perak Jombang terhadap anggota yaitu sistem pelayanan Aplikasi Transaksi Ira Pay, sehingga nasabah merasa sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak KSPPS BMT Rukun Abadi Perak Jombang. Sesuai dengan prinsip dan teori Kolter yakni pengukuran kepuasan anggota dilihat dari 1. Kesetian anggota, 2. Tidak adanya komplen, 3. Keikutsertaan anggota pada BMT. Selain itu sejalan dengan kesimpulan di atas, peneliti dapat memberikan saran bahwasannya sistem pelayanan online lebih dikembangkan lagi dengan inovasi terbaru baik dari segi tampilan maupun dari segi penambahan fitur, selain itu agar lebih dikembangkan lagi terkait pelayanan online dengan inovasi terbaru baik dari segi tampilan maupun dari segi penambahan fitur. Serta sebaiknya diadakan karyawan khusus (SDM) yang ahli dalam bidang IT yang berfungsi untuk mengelola dan mengawasi aplikasi secara intens. Dengan demikian lembaga keuangan mikro syariah khususnya pada basis koperasi dapat mengembangkan kualitas pelayanan online.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ikhsan Satria Bimasagti, Moch.ikhsanbima80@gmail.comG74218096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Bank Koperasi
Keywords: Pelayanan; kepuasan anggota; KSPPS dan BMT
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Moch Bimasagti
Date Deposited: 19 Oct 2022 07:39
Last Modified: 19 Oct 2022 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57197

Actions (login required)

View Item View Item