Proses pemahaman siswa SMP dalam menyelesaikan masalah Matematika menurut teori Pirie-Kieren

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Finnah Mazidatur (2022) Proses pemahaman siswa SMP dalam menyelesaikan masalah Matematika menurut teori Pirie-Kieren. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Finnah Mazidatur Rohmah_D74218025 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Proses pemahaman siswa merupakan suatu proses penyerapan secara mendalam pengetahuan yang diterima dan proses tersebut akan tumbuh secara utuh, dinamis, berlapis tetapi tidak linier, dan tak pernah berakhir. Proses pemahaman siswa terbentuk ketika siswa menyelesaikan masalah matematika. Masing-masing siswa akan terbentuk gambaran mengenai pertumbuhan pemahaman yang dinamis dan menyeluruh menurut teori Pirie-Kieren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemahaman siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan teori Pirie-Kieren. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Sukodono. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-G yang terdiri atas tiga siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan yakni lembar tes pemahaman dan pedoman wawancara. Teknik analisis yang digunakan menurut Miles dan Huberman antara lain analisis data tes pemahaman dan analisis data wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa subjek pertama bergerak pada lapisan pemahaman primitive knowing → image making → image having → property noticing ↔ formalizing → observing ↔ structuring. Subjek pertama mengalami kesulitan sehingga mengalami folding back pada lapisan poperty noticing ke lapisan image making dan observing ke image making. Subjek kedua bergerak pada lapisan primitive knowing → image making → image having → property noticing ↔ formalizing → observing ↔ inventising, namun subjek mengalami kesulitan sehingga mengalami folding back pada lapisan poperty noticing ke lapisan image making dan observing ke image making. Juga mengalami loncatan dari lapisan observing langsung ke lapisan inventising. Sedangkan subjek ketiga bergerak pada lapisan pemahaman primitive knowing → image making → image having → property noticing ↔ formalizing. Subjek ketiga mengalami kesulitan sehingga mengalami folding back pada lapisan poperty noticing ke lapisan image making.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Finnah Mazidaturfinnamazida@gmail.comD74218025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Kecerdasan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Tes Belajar
Keywords: Proses pemahaman; penyelesaian masalah Matematika; toeri Pirie-Kieren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Finnah Mazidatur Rohmah
Date Deposited: 11 Oct 2022 08:23
Last Modified: 11 Oct 2022 08:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57248

Actions (login required)

View Item View Item