Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPS kelas IV MI Miftahut Tholibin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhyiddin, Muhyiddin (2022) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPS kelas IV MI Miftahut Tholibin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhyiddin_D97218101.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV MI MIFTAHUT THOLIBIN, yang banyak dipengaruhi oleh model pembelajaran yang kurang efektif. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dirasa dapat memberikan kemudahan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Permasalahan yang dikaji oleh peneliti adalah Bagaimana kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas IV di MI MIFTAHUT THOLIBIN? Dan Bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di MI MIFTAHUT THOLIBIN? Penelitian ini dilakukan dengan tujuan Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah diberi perlakuan model pembelajaran siswa kelas IV di MI MIFTAHUT THOLIBIN. Dan Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di MI MIFTAHUT THOLIBIN. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan desain Pre-Eksperimental desain dengan desain One Group Pretest Post Test . Sampel dalam penelitian ini adalah 15 sampel yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana uji korelasi linier sederhana dengan uji T. Guna untuk mengetahui apakah ada pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan juga pada mean yang digambarkan pada grafik 4.1,nilainya pada saat sebelum diberi perlakuan adalah 65,2 dan setelah diberi perlakuan adalah 84,2. artinya adalah ada perbedaan pada saat sebelum dan sedudah diberi perlakuan. Dan pada saat uji korelasi liniear sederhana dapat diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,002 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhyiddin, Muhyiddinmuhyiddinseto98@gmail.comD97218101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorchairati, salehchairatisaleh@uinsby.ac.id2011047302
Thesis advisorirfan, tamwifiirf.tamwifi@gmail.com20020117001
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Model Pembelajaran; problem based learning; kemampuan berpikir kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhyiddin muhyiddin
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:33
Last Modified: 24 Oct 2022 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57254

Actions (login required)

View Item View Item