Pengembangan karakteristik respon peserta didik mengacu pada taksonomi SOLO terhadap masalah matematika level 'analisis' dengan jenis pengetahuan prosedural berdasarkan taksonomi Bloom revisi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aminuddin, Muhammad Afnan (2022) Pengembangan karakteristik respon peserta didik mengacu pada taksonomi SOLO terhadap masalah matematika level 'analisis' dengan jenis pengetahuan prosedural berdasarkan taksonomi Bloom revisi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Afnan Aminuddin_D74218032.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perumusan tujuan pembelajaran menjadi salah satu elemen penting dalam perencanaan pembelajaran salah satu model yang dapat digunakan adalah Taksonomi Bloom yang dikemukakan oleh Benjamin S. Bloom. Pada penelitian ini penggabungan antara Taksonomi Bloom Revisi dan Taksonomi SOLO yang terbentuk menjadi tiga dimensi yaitu dimensi proses kognitif, dimensi jenis pengetahuan dan tingkat kemampuan peserta didik. Penggabungan antara Taksonomi Bloom Revisi dan Taksonomi SOLO bertujuan untuk mengembangkan deskripsi karakteristik respon peserta didik mengacu pada Taksonomi SOLO terhadap masalah matematika level ‘analisis’ dengan jenis pengetahuan ‘prosedural’ berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi yang disimbolkan dengan (C4,K3,Sk). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di tingkat Universitas. Pemilihan subjek dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan antara lain tugas penyelesaian masalah dan wawancara. Untuk menguji karakteristik respon yang valid, didasarkan pada teori Taksonomi SOLO dan Taksonomi Bloom Revisi. Untuk menguji karakteristik yang reliabel, menggunakan teknik perbandingan tetap. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) dapat mengidentifikasi masalah matematika level ‘analisis’ dengan jenis pengetahuan ‘prosedural’ berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi menggunakan satu prosedur penyelesaian (C4,K3,S1); (2) dapat mengidentifikasi masalah matematika level ‘analisis’ dengan jenis pengetahuan ‘prosedural’ berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi menggunakan lebih dari satu prosedur penyelesaian (C4,K3,S2); (3) dapat mengidentifikasi masalah matematika level ‘analisis’ dengan jenis pengetahuan ‘prosedural’ berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi menggunakan lebih dari satu prosedur penyelesaian dan dapat mengidentifikasi keterkaitan antara prosedur satu dengan prosedur lain (C4,K3,S3); (4) dapat mengidentifikasi masalah matematika level ‘analisis’ dengan jenis pengetahuan ‘prosedural’ berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi menggunakan lebih dari satu prosedur penyelesaian dan dapat mengidentifikasi keterkaitan antara prosedur satu dengan prosedur lain serta dapat membuat generalisasi dari hasil yang diperoleh (C4,K3,S4).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aminuddin, Muhammad Afnanafnan.aminuddin23@gmail.comD74218032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, Asep Saepulaseptheaiain@yahoo.co.id2031076501
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Subjects: Matematika
Keywords: Karakteristik respon; taksonomi SOLO; masalah matematika level analisis; taksonomi Bloom revisi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Afnan Aminuddin
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:51
Last Modified: 13 Oct 2022 02:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57258

Actions (login required)

View Item View Item