Peran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) dalam pembangunan infrastruktur ekonomi di Kabupaten Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurdiana, Anang (2022) Peran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) dalam pembangunan infrastruktur ekonomi di Kabupaten Madiun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anang Nurdiana_G71217056.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk memperoleh jawaban dari pertanyaan tentang bagaimana peranan serta capaian program kerja BAPPEDA dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur ekonomi yang ada di Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada objek. Penilitian ini dilakukan di kantor BAPPEDA Kabupaten Madiun dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode penelitian. Wawancara dilakukan bersama dengan beberapa informan yaitu Pegawai BAPPEDA Kabupaten Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BAPPEDA memiliki peran yang sangat penting dalam melakukan proses perencanaan sampai dengan pembangunan infrastruktur ekonomi yang ada di Kabupaten Madiun. Serta capaian program kerja dalam hal pembangunan infrastruktur ekonomi yang telah dilaksanakan sudah sesuai dengan rencana yang ada di dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).Peranan BAPPEDA dalam melakukan perencanaan pembangunan diawali dengan Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) yang setiap tahun dilakukan dari tingkat Desa sampai tingkat Kecamatan. Hal tersebut dilakukan untuk menampung usulan pembangunan yang ada di setiap daerah supaya terorganisir dengan baik. Untuk capaian program kerja BAPPEDA dalam hal pembangunan infrastruktur ekonomi melalui dinas terkait seperti pembangunan jalan, jembatan, irigasi, pasar dan lain-lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurdiana, Anangnangnur.uinsa@gmail.comG71217056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com198106062009012008
Subjects: Ekonomi
Pembangunan
Keywords: BAPPEDA; perencanaan pembangunan; infrastruktur ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: ANANG NURDIANA
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:04
Last Modified: 13 Oct 2022 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57271

Actions (login required)

View Item View Item