Pelestarian tradisi siraman Gong Kyai Pradah Desa Ludoyo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar: dalam tinjauan teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckmann

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Abdizizan Trisma (2022) Pelestarian tradisi siraman Gong Kyai Pradah Desa Ludoyo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar: dalam tinjauan teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdizizan Trisma Pratama_I03218001 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tradisi Siraman Gong Kyai Pradah merupakan satu tradisi yang memiliki sejarah dalam dan berkaitan dengan adanya daerah Ludoyo di Blitar. Masyarakat dan pemerintah sangat berupaya keras untuk mempertahankan kelestarian tradisi ini. Tradisi siraman Gong Kyai Pradah memiliki makna mendalam bagi masyarakat sekitar. Keyakinan bahwa air siraman membawa berkah menjadi maghnet kuat antusiasme masyarakat luar untuk datang dalam prosesi siraman. Kepercayaan bahwa jika siraman tidak dilakukan maka akan terjadi musibah di Ludoyo juga tak lepas dari alasan tetap dipertahankannya tradisi ini. Dalam mempertahankan eksisnya bukan dengan hal mudah, posisi juru kunci menjadi posisi yang sangat sakral dan diperebutkan. Anggapan bahwa juru kunci ialah jabatan yang memiliki kesaktian beredar di beberapa kalangan masyarakat. Protes dari kalangan luar tentang adanya prosesi suatu agama tertentu dalam pelaksanaan siraman menjadi suatu permasalahan yang menghambat terlaksananya tradisi ini. Sebagian mengatakan jika prosesi ini harus melibatkan syariat agama atertentu, namun sebagian menolak itu. Pemerintah mempunyai peran penting dalam pelestarian Tradisi Siraman Gong ini. Pelaksanaannya sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Blitar. Tradisi Siraman ini sudah tercatat menjadi warisan Budaya Peninggalan Tak Benda (BPTB). Namun dibalik dukungan kuat dari pemerintah tersebut, ada temuan menarik yakni kurangnya perhatian pemerintah untuk merawat fasilitas pendukung dan pembiayaan kepada para tokoh yang terlibat langsung ditengah tradisi siraman ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Abdizizan Trismaabdizizan99@gmail.comI03218001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRr. Suhartini, Rr. Suhartinisuhartini.rofiq@gmail.com2013015801
Subjects: Sosiologi
Adat
Keywords: Budaya; tradisi; siraman Gong Kyai Pradah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Abdizizan Trisma Pratama
Date Deposited: 13 Oct 2022 06:05
Last Modified: 13 Oct 2022 06:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57277

Actions (login required)

View Item View Item