Analisis dampak pandemi Covid 19 terhadap resiliensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kedai Kopi di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Salsa Rachma (2022) Analisis dampak pandemi Covid 19 terhadap resiliensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kedai Kopi di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salsa Rachma Agustina_G71218052 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi penelitian dengan judul “Analisis Dampak Pandemi COVID 19 terhadap Resiliensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kedai Kopi di Kota Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai dampak COVID 19 terhadap UMKM kedai kopi di Surabaya dan strategi yang dilakukan pemilik kedai kopi di Surabaya terhadap resiliensi usaha di masa pandemi. Analisis data penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dengan cara observasi, serta melakukan wawancara dan dokumentasi. Sumber pada penelitian ini yaitu pemilik atau karyawan kedai kopi di Kota Surabaya Informan dalam penelitian ini adalah pemilik kedai kopi, konsumen dan aparat kepolisian, serta informan pendukung penelitian ini. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa permasalahan yang dihadapi para pelaku ekonomi, salah satunya yaitu pebisnis kedai kopi yang memiliki keserupaan dampak yang dirasakan, di antaranya yaitu berkurangnya kuantitas penjualan, sehingga berpengaruh terhadap jumlah pendapatan. Timbulnya dukungan dari diri sendiri, sehingga pemilik kedai kopi menentukan strategi resiliensi di masa pandemi COVID 19 adalah dengan mengutamakan kualitas produk dan pelayanan, menggunakan teknologi dengan optimal, mengupayakan Customer Relationship Marketing (CRM), dan memaksimalkan perkembangan usaha. Memanfaatkan sosial media guna memasarkan suatu produk merupakan salah satu tindakan yang tepat untuk memecahkan suatu permasalahan, sehingga UMKM kedai kopi di Kota Surabaya dapat mempertahankan usahanya dan dapat menstabilkan pendapatan di masa pandemi COVID 19. Adanya hasil penelitian ini diharapkan untuk pelaku UMKM kedai kopi harus dapat memanfaatkan kemajuan teknologi, memanfaatkan sosial media, meningkatkan literasi digital, meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan kualitas layanan kepada konsumen agar UMKM dapat bertahan dan menyesuaikan dengan kondisi pandemi COVID 19.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, Salsa Rachmasalsarachma08@gmail.comG71218052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKafabih, Abdullahabdullahkafabih@uinsby.ac.id2007089103
Subjects: Ekonomi
Keywords: Kedai kopi; UMKM; pendapatan; resiliensi; strategi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Salsa Rachma Agustina
Date Deposited: 13 Oct 2022 06:27
Last Modified: 13 Oct 2022 06:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57278

Actions (login required)

View Item View Item