Analisis pengaruh Kredit Usaha Rakyat (KUR) terhadap jumlah unit UMKM, tenaga kerja UMKM, dan PDB Indonesia Tahun 2017-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laely, Tilawatil (2022) Analisis pengaruh Kredit Usaha Rakyat (KUR) terhadap jumlah unit UMKM, tenaga kerja UMKM, dan PDB Indonesia Tahun 2017-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tilawatil Laely_G91218098 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penyusunan skripsi membahas tentang bagaimana pengaruh Kredit Usaha Rakyat (KUR) terhadap jumlah unit UMKM, jumlah tenaga kerja UMKM, dan PDB di Indonesia. Permasalahan tersebut diangkat dilatarbelakangi oleh semakin menjamurnya UMKM dari tahun ke tahun, tetapi tidak sedikit juga usahanya tidak berlangsung lama. Hal tersebut diakibatkan oleh adanya sumber permodalan yang kuran dan informasi pembiayaan yang tidak merata pada pihak pengusaha. Padahal, peran UMKM sangat penting bagi sebagian besar lini perekonomian di Indonesia. Pendekatan kuantitatif dengan pemberian bahasan secara deskriptif dirasa tepat dijalankan sesuai pada judul penelitian. Pengujian dilakukan menggunakan regresi linier sederhana pada data panel ke 34 Provinsi di Indonesia tahun 2017-2019. Hasil pengujian menghasilkan 3 persamaan dan 3 hipotesis pada masing-masing variabel. Hasil tersebut membuktikan bahwa Kredit Usaha Rakyat berpengaruh positif signifikan terhadap ketiga variabel dependennya, yakni jumlah unit UMKM, jumlah tenaga kerja UMKM, dan PDB yang diambil dari nilai PDRB per 34 provinsi di Indonesia. Penelitian ini memberikan saran terhadap pemerintah dan seluruh lapisan terkait Kredit Usaha Rakyat dan UMKM, bahwasannya sebaran KUR masih belum merata dan hanya berfokus pada beberapa wilayah di Pulau Jawa saja. Sehingga ketidakmerataan tersebut nantinya akan menimbulkan masalah serius mengenai ketimpangan produktivitas UMKM di beberapa wilayah seperti Maluku dan Papua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laely, Tilawatiltilawatillaely@gmail.comG91218098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Ekonomi
Keywords: KUR; UMKM; PDB
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Tilawatil Laely .
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:14
Last Modified: 13 Oct 2022 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57287

Actions (login required)

View Item View Item