Analisis wacana pesan dakwah pada lirik lagu “Ramadan” karya Maher Zain

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faishal, Muhammad Yafie Hilmy (2022) Analisis wacana pesan dakwah pada lirik lagu “Ramadan” karya Maher Zain. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Yafie Hilmy Faishal_B01218025 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dakwah bisa dilakukan dengan lewat beragam cara, salah satunya lewat lagu dan musik. Salah satu musisi yang mempopulerkan dakwah lewat musik adalah Maher Zain. Dinyanyikan dengan berbagai macam bahasa, Maher Zain dapat menggaet banyak penggemar musik, khususnya di negara Indonesia. Lagunya selalu populer, salah satunya adalah lagu berjudul “Ramadan”, yang menjadi objek penelitian saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan dakwah yang terkandung di dalam lagu “Ramadan” yang dibawakan oleh Maher Zain tersebut. Dalam pelaksanaannya, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menganalisis data berupa lirik lagu. Peneliti menggunakan analisis wacana Teun A Van Dijk, dengan mengkaji struktur/ elemen wacana. Data yang digunakan diambil dari lirik lagu tersebut, digabungkan dengan sumber data jurnal dan penelitian terdahulu. Hasil yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah, ditemukan banyak pesan dakwah yang terkandung di dalam setiap bait lagu “Ramadan”, yang dapat dikategorikan dalam pesan dakwah akidah, pesan dakwah akhlak, dan pesan dakwah syariah. Rekomendasi dari skripsi ini diharapkan bisa menjadi acuan penelitian berikutnya yang juga meneliti pesan dakwah pada lirik lagu “Ramadan” karya Maher Zain agar menggunakan metode analisis yang berbeda dan bisa menggali lebih dalam lagi pembahasan penelitian di dalamnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faishal, Muhammad Yafie HilmyMuhammadyafie58@gmail.comB01218025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiar, M. Anisanis_bachtiar@yahoo.com2019126902
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Musik
Keywords: Maher Zain; pesan dakwah; lagu Ramadan; analisis wacana Teun. A Van Dijk
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Yafie Hilmy Faishal
Date Deposited: 14 Oct 2022 06:40
Last Modified: 14 Oct 2022 06:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57301

Actions (login required)

View Item View Item