Pesan dakwah dalam lirik lagu "Untuk Kita Renungkan" karya Ebiet G Ade: analisis semiotika Charles Sanders Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulum, Miftakhul (2022) Pesan dakwah dalam lirik lagu "Untuk Kita Renungkan" karya Ebiet G Ade: analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftakhul Ulum_B91218116.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mencari, Apa saja pesan dakwah yang terkandung pada lirik lagu Untuk Kita Renungkan karya Ebiet G Ade. Ada pun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui isi pesan dakwah dalam lirik lagu Untuk Kita Renungkan berdasarkan pada analisis semiotika. Untuk mencari pesan dakwah yang terkandung pada lirik lagu peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menganalisis data berupa lirik lagu, peneliti menggunakan analisis semiotika model Charles Sanders Peirce, dengan mengkaji sign (tanda), objek, dan interpretant. Data yang diperoleh bersumber dari lirik lagu itu sendiri dan di padukan dengan jurnal maupun artikel yang berkaitan dengan pesan dakwah dengan lagu sebagai medianya. Hasil dari analisi pada skripsi ini, peneliti menemukan bahwa lagu Untuk Kita Renungkan memiliki pesan dakwah dalam setiap lirik lagu, yang bisa dikategorikan dari kutipan ayat Al-Quran mau pun hadist tentang pesan aqidah, syariah, dan akhlak. Pesan yang disampaikan cukup bisa dipahami namun masih diperlukan pemahaman untuk mengetahui pesan dakwah yang terkandung. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya, yang menggunakan lagu ini untuk diteliti kembali dengan fokus untuk mencari pesan dakwah dapat melakukan penelitian dengan menggunakan analisis yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulum, Miftakhulmiftakhul1944@gmail.comB91218116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiar, Anisanis_bachtiar@yahoo.com2019126902
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Semiotika
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; lirik lagu "Untuk Kita Renungkan"; analisis semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miftakhul Ulum
Date Deposited: 18 Oct 2022 03:03
Last Modified: 18 Oct 2022 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57344

Actions (login required)

View Item View Item