Pengaruh penerapan model pembelajaran guided discovery learning berbantuan google classroom terhadap kemampuan literasi matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ababil, Nabillah (2022) Pengaruh penerapan model pembelajaran guided discovery learning berbantuan google classroom terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabillah Ababil_D94218059.pdf

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning berbantuan Google Classroom, selain itu untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi matematika siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning berbantuan Google Classroom. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan metode kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 19 Surabaya. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-B SMP Negeri 19 Surabaya yang terdiri dari 33 siswa dan diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan metode tes secara tertulis berupa pretest dan posttest. Data hasil pretest dan posttest kemampuan literasi matematika dianalisis dengan mencari nilai rata-rata, median, dan modus berdasarkan data yang telah diperoleh. Sebelum data hasil penelitian di uji hipotesis, terlebih dahulu peneliti menguji data hasil pretest dan posttest menggunakan uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov untuk melihat apakah data tersebut berdistribusi normal. Data hasil pretest dalam penelitian ini berdistribusi normal karena nilai signifikan 0,000<0,05, sedangkan data hasil posttest berdistribusi tidak normal karena nilai signifikan 0,163≥0,05. Dengan demikian untuk menguji hipotesis pada penelitian ini, peneliti menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks, karena pada uji tersebut tidak ada syarat untuk data berdistribusi normal. Hasil uji Wilcoxon Signed Ranks untuk soal pre test dan post test dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,00<0,05 dengan taraf signifikansi 5% yang berarti H_0 ditolak dan H_1 diterima dengan keterangan H_0 tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi matematika siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning berbantuan Google Classroom dan untuk H_1 terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi matematika siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning berbantuan Google Classroom. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi matematika sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning berbantuan Google Classroom.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ababil, Nabillahnabillahababil1210@gmail.comD94218059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Teknologi
Keywords: Model pembelajaran guided discovery learning; google classroom; kemampuan literasi matematika.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nabillah Ababil
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:21
Last Modified: 17 Oct 2022 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57346

Actions (login required)

View Item View Item