Identifikasi tingkat berpikir kreatif peserta didik dalam memecahkan masalah Matematika berbasis Adiwiyata berdasarkan hasil belajar Matematika di atas KKM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Nur Rohma (2022) Identifikasi tingkat berpikir kreatif peserta didik dalam memecahkan masalah Matematika berbasis Adiwiyata berdasarkan hasil belajar Matematika di atas KKM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Rohma Sari_D74218034 ok.pdf

Download (12MB)

Abstract

Tingkat berpikir kreatif adalah tingkatan atau jenjang kreativitas yang dimiliki peserta didik setelah menyelesaikan permasalahan dengan memenuhi indikator berpikir kreatif yakni kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan yang berada pada tingkat 4 (sangat kreatif), tingkat 3 (kreatif), tingkat 2 (cukup kreatif), tingkat 1 (kurang kreatif) dan tingkat 0 (tidak kreatif). Proses menyelesaikan suatu masalah yang berhubungan dengan matematika berbasis Adiwiyata adalah permasalahan matematika yang diterapkan di sekolah Adiwiyata dan akan menjadi media dan sumber belajar serta menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah Polya. Ditinjau dari hasil belajar ulangan harian matematika peserta didik yang dapat dilihat pada nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 75. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif peserta didik dalam memecahkan masalah matematika berbasis Adiwiyata ditinjau dari hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023 di UPT SMP Negeri 2 Gresik yang terdiri atas dua subjek dengan hasil ulangan harian di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berpikir kreatif dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan indikator berpikir kreatif dan pemecahan masalah tahapan Polya. Hasil pada penelitian ini menunjukkan tingkat berpikir kreatif peserta didik dalam memecahkan masalah matematika berbasis Adiwiyata ditinjau dari hasil belajar matematika di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 75 dengan subjek yang diambil memperoleh nilai yang dikategorikan tinggi berada pada tingkat berpikir kreatif 3 (kreatif) dengan menunjukkan indikator berpikir kreatif kefasihan dan fleksibilitas saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Nur Rohmarohmasarii46@gmail.comD74218034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Berpikir kreatif; pemecahan masalah; masalah Matematika berbasis Adiwiyata; hasil belajar Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohma Sari
Date Deposited: 17 Oct 2022 05:12
Last Modified: 17 Oct 2022 05:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57347

Actions (login required)

View Item View Item