Pengaruh model pembelajaran problem based learning menggunakan diagram vee terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningrum, Auliya Rahma (2022) Pengaruh model pembelajaran problem based learning menggunakan diagram vee terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Auliya Rahma Ningrum_D94218047.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik di Indonesia masih rendah, upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif yaitu melalui kegiatan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan diagram Vee yang akan membantu peserta didik dalam mendorong kemampuan bernalar sehingga peserta didik mampu berpikir kreatif matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan diagram Vee terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah pre-eksperimen design dengan objek dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VIII-C di SMP Negeri 4 Kertosono. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Sedangkan instrumen yang digunakan peneliti adalah lembar tes. Adapun untuk pengujian analisis data menggunakan uji normalitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis data tes kemampuan berpikir kreatif matematis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan diagram Vee berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Berdasarkan hasil output Test Statistics pada uji Wilcoxon, diketahui Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0.05, maka dapat disimpulkan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning menggunakan diagram Vee terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningrum, Auliya Rahmaauliyarahma0305@gmail.comD94218047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model pembelajaran; problem based learning; diagram vee; berpikir kreatif; peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Auliya Rahma Ningrum
Date Deposited: 18 Oct 2022 03:23
Last Modified: 18 Oct 2022 03:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57350

Actions (login required)

View Item View Item