Pengembangan media pembelajaran powtoon untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMAN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ivadah, Facriatul (2022) Pengembangan media pembelajaran powtoon untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMAN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
FACRIATUL IVADAH_D91218130.pdf

Download (1MB)

Abstract

Melalui kegiaatan PLP II yang telah dilakukan oleh peneliti di SMAN 2 Sidoarjo. Peneliti melihat bahwa media yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Sidoarjo saat ini masih menggunakan buku paket sehingga terlihat ketika proses pembelajaran sebagian siswa kurang memperhatikan penjelasan dari guru, seperti kurang merespon ketika guru memberi pertanyaan, hanya beberapa anak saja yang terlihat interaktif. Oleh karena itu, peneliti ingin mengembangkan media agar dapat digunakan ketika proses pembelajaran. Media tersebut berupa video animasi yang bisa dilihat kapanpun dan dimanapun. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Developmant, Implementation, Evaluation). Hasil validasi ahli media sebesar 83,5% dengan kategori “Valid”. Hasil validasi ahli materi sebesar 81,6% dengan kategori “Valid”. Sedangkan hasil tingkat kepraktisan guru sebesar 83,8% dengan kategori “Praktis”. Hasil uji coba untuk mengukur tingkat kepraktisan oleh siswa dalam skala kecil sebesar 84,2% dengan kategori “Praktis”, sedangkan hasil uji coba dalam skala besar sebesar 90,1% dengan kategori “Sangat praktis”. Untuk mengukur hasil belajar peneliti memberikan soal pretest dan posttest. Soal pretest dilakukan sebelum proses pembelajaran pada materi jenazah, sedangkan soal posttest diberikan setelah proses pembelajaran. Pada uji coba skala kecil dapat diketahui bahwa nilai rata-rata dari pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 31,6 dengan presentaase nilai siswa yang mengalami peningkatan sebesar 50,56%, sedangkan pada uji coba skala besar dapat diketahui bahwa nilai rata-rata dari pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 34 dengan presentase nilai siswa yang mengalami peningkatan sebesar 58,85%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media Powtoon dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ivadah, Facriatulfacriatulivadah99@gmail.comD91218130
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, Abdurrachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Subjects: Pengajaran
Keywords: Pengembangan media pembelajaran; Powtoon; Hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Facriatul Ivadah
Date Deposited: 19 Oct 2022 01:08
Last Modified: 20 Oct 2022 02:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57353

Actions (login required)

View Item View Item