Implementasi servant leadership dalam pengembangan sumber daya m anusia di SMA Islam Terpadu Al Uswah Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Anisha Choirul (2022) Implementasi servant leadership dalam pengembangan sumber daya m anusia di SMA Islam Terpadu Al Uswah Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisha Choirul Ni'mah_D93217087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Implementasi Servant Leadership Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia di SMA Islam Terpadu Al Uswah Tuban. Penelitian ini bertujuan untuk mejelaskan implementasi servant leadership dalam pengembangan sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di SMA Islam Terpadu Al Uswah Tuban. Informan peneliti ini yaitu kepala sekolah, pendidik/guru dan tenaga kependidikan/staff. Analisis data, peneliti menggunakan model reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan bahan referensi.Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa (1) Kepala sekolah SMAIT Al Uswah Tuban melaksanakan kepemimpinan yang melayani atau servant leadership dengan baik. Pengukuran ini didasarkan pada kepala sekolah SMAIT Al Uswah emiliki kriteria dari indikator servant leadership yang diimplementasikan dalam menjalankan kepemimpinan di sekolah (2) Pengembangan sumber daya manusia di SMAIT Al Uswah Tuban dilakukan dengan menggunkan metode pelatihan. Metode ini dipilih SMAIT Al Uswah Tuban dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan (3) Implementasi servant leadership dalam pengembangan sumber daya manusia di SMAIT Al Uswah Tuban dilakukan dengan lima upaya yakni menyesuaikan kegiatan pengembangan sumber daya manusia dengan kebutuhan tenaga pendidik dan kependidikan, memenuhi hak dan kewajiban peserta pengembangan sumber daya manusia, memberikan kesempatan untuk menyampaikan kritik dan saran, memberikan apresiasi atau rewards, dan mengutamakan kedisiplinan serta kejujuran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, Anisha Choirulanishacn14@gmail.comD93217087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.id2011036701
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Manajemen Pendidikan
Sumber Daya Manusia
Keywords: Implementasi; Servant Leadership; Pengembangan Sumber Daya Manusia.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anisha Choirul Ni'mah
Date Deposited: 18 Oct 2022 02:13
Last Modified: 18 Oct 2022 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57356

Actions (login required)

View Item View Item