Implementasi elektronik bank sampah madrasah (e-basma) dalam meningkatkan pendidikan karakter peduli lingkungan bagi siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimah, Wardatul (2022) Implementasi elektronik bank sampah madrasah (e-basma) dalam meningkatkan pendidikan karakter peduli lingkungan bagi siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wardatul Karimah_D93218112.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Implementasi Elektronik Bank Sampah Madrasah (E-BASMA) dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangkalan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai implementasi Elektronik Bank Sampah Madrasah (E-BASMA) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangkalan, Peningkatan pendidikan karakter peduli lingkungan bagi siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangkalan, dan Implementasi Elektronik Bank Sampah Madrasah (E-BASMA) dalam meningkatkan pendidikan karakter peduli lingkungan bagi siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangkalan. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah MAN Bangkalan, Pembimbing Tim E-BASMA, Tim E-BASMA, dan Siswa MAN Bangkalan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis dan interpretasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian yang didapatkan menyatakan bahwa (1) implementasi elektronik bank sampah madrasah (E-BASMA) di MAN Bangkalan berjalan sesuai tujuan utama untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang bercampur dengan sampah organik sehingga akan terpilah dengan efektif. 2) pendidikan karakter peduli lingkungan di Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan mengalami peningkatan dengan tercapainya beberapa indikator membiasakan siswa untuk menjaga Membiasakan siswa untuk membersihkan dan menjaga kelestarian lingkungan sekolah, Membiasakan siswa untuk memilah sampah organic dan anorganik, Membuat biopori pada lingkungan sekolah, Membuat saluran pembungan air limbah, Membiasakan hemat energi, Pemograman cinta bersih lingkungan, Menyediakan fasilitas dan alat kebersihan, (3) implementasi elektronik bank sampah madrasah (E-BASMA) dalam meningkatkan pendidikan karakter peduli lingkungan bagi siswa di Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan telah berjalan dengan baik. Kemudahan akses dalam pengumpulan sampah serta sistem yang telah dirancang pada E-BASMA dapat melatih dan menumbuhkan kesadaran siswa terhadap pemanfaatan sampah apabila dikelola dengan baik.
Kata Kunci: Bank Sampah, Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimah, Wardatulwardakarimah293@gmail.comD93218112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsul, Ma'arifsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorMuhammad, Nuril Hudanuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Kebersihan
Lingkungan Hidup
Keywords: Bank Sampah; Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wardatul Karimah Ghufron
Date Deposited: 18 Oct 2022 03:46
Last Modified: 18 Oct 2022 03:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57365

Actions (login required)

View Item View Item