Pengaruh penerapan Model Master atau Kuasai terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah Matematis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Nurul Izza Rizki (2022) Pengaruh penerapan Model Master atau Kuasai terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah Matematis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Izza Rizki Amalia D04218010 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematis, mata pelajaran matematika terdiri dari konsep dan rumus yang sangat sukar, sehingga siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran menakutkan. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk menerapkan model master atau kuasai untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematis sebelum dan setelah diterapkan model master atau kuasai.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas menggunakan uji Kormogorov-Smirnov, dikarenakan data tidak berdistribusi normal maka peneliti melakukan uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Jenis penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian One-Group-Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTsN Gresik. Sampel yang diambil adalah siswa kelas VIII-H yang terdiri dari 35 siswa dan diambil menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode tes tertulis berupa pretest dan posttest untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatis siswa dalam memecahkan masalah matematis antara sebelum dan sesudah diterapkan model master atau kuasai. Hasil penelitian dalam pengujian hipotesis diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak maka H_1 diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematis sebelum diterapkan model master atau kuasai dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematis setelah diterapkan model master atau kuasai. Perbedaan juga dapat terlihat dari nilai rata-rata hasil pretest kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematis sebesar 37,40 dan nilai rata-rata hasil posttest kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematis sebesar 91,40.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Nurul Izza Rizkinurulizzarizkiamalia@gmail.comD04218010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Guru
Metode Pembelajaran
Matematika
Keywords: Model Master atau Kuasai; kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Izza Rizki Amalia
Date Deposited: 18 Oct 2022 05:05
Last Modified: 18 Oct 2022 05:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57377

Actions (login required)

View Item View Item