Salat mencegah perbutaan keji dan munkar: studi komparatif tafsir al Quran al Azim karya Ibn Kathir dan al Tahrir wa al Tanwir karya Ibn Ashur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilham, Mochammad Faiz Nur (2022) Salat mencegah perbutaan keji dan munkar: studi komparatif tafsir al Quran al Azim karya Ibn Kathir dan al Tahrir wa al Tanwir karya Ibn Ashur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Faiz Nur Ilham_E73218050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemaknaan hikmah salat sebagai ibadah yang dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar masih meninggalkan perdebatan, khususnya di kalangan masyarakat awam. Banyak di antara mereka yang dibingungkan fakta bahwa banyak orang yang sudah salat tapi masih melakukan perbuatan keji dan mungkar, hingga menimbulkan keraguan atas hikmah tersebut. Hal ini mungkin disebabkan kurangnya literasi yang memadai, serta argumentasi dari para mufassir yang komprehensif untuk menjawab ketidakpuasan atau keraguan mereka. Menggunakan teori komparatif, penelitian ini berusaha mengelaborasi hasil dari penafsiran dua tokoh mufassir kenaamaan; Ibn Kathir, dan Ibn ‘Ashur, atas pemaknaan hikmah salat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar yang terkandung dalam Q.S al-‘Ankabut ayat 45. Menggunakan teknik analisis deskriptif-komparatif, penelitian ini dimaksudkan memaparkan penafsirkan Ibn Kathir dan Ibn ‘Ashur atas Q.S al-‘Ankabut ayat 45, selanjutnya dikomparasikan agar ditemukan persamaan serta perbedaan yang berarti untuk menjawab permasalahan yang dikaji. Hasil penelitian ini, ditemukan bahwa meskipun berangkat dari ayat yang sama, serta beberapa riwayat yang sama. Ibn Kathir dan Ibn ‘Ashur memiliki pandangan yang berbeda atas pemaknaan hikmah salat. Jika Ibn Kathir memandang bahwa salat mutlak dapat mencegah seseorang dari perbuatan keji dan mungkar, Ibn ‘Ashur memandang bahwa hikmah tersebut hanya bersifat membantu. Sehingga, orang yang telah salat pun, masih berpotensi melakukan perbuatan yang menyimpang (keji dan mungkar).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilham, Mochammad Faiz Nurifaiz0135@gmail.comE73218050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIffah, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id2013076902
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Salat; keji; mungkar; Ibn Kathir; Ibn Ashur
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Mochammad Faiz Nur Ilham
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:42
Last Modified: 20 Oct 2022 02:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57412

Actions (login required)

View Item View Item