Makam K.H. Ali Mas‘ud Pagerowojo Buduran Sidoarjo Jawa Timur: kajian arkeologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisaq, Siti Choirun (2022) Makam K.H. Ali Mas‘ud Pagerowojo Buduran Sidoarjo Jawa Timur: kajian arkeologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Choirun Nisaq_A92218126.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada tiga pokok permasalahan yaitu: (1) Bagaimana biografi K.H. Ali Mas‘ud Desa Pagerwojo, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur? (2) Bagaimana keberadaan situs makam K.H. Ali Mas‘ud Desa Pagerwojo, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur? (3) Bagaimana hubungan antara kebudayaan Islam dalam situs Makam K.H Ali Mas‘ud Desa Pagerwojo, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur dalam kajian arkeologi. Dalam menJawab ketiga permasalahan ini peneliti mengunakan pendekatan Adaptasi Kultural Budaya dengan teori Penetration Pasifique dalam menjelaskan masuknya kebudayaan Islam di Kabupaten Sidoarjo dengan damai tanpa adanya paksaan apapun Peneliti menggunakan beberapa metode dalam melakukan penelitian ini yaitu: (1) Pengumpulan data (Sumber data primer dan sekunder, observasi lapangan, wawancara dokumentasi), (2) Metode deskripsi (mendekripsikan makam K.H Ali Mas‘ud) (3) Interprestasi. Pada penelitian ini peneliti mengambil beberapa kesimpulan yaitu (1) Makam K.H Ali Mas‘ud terletak di Desa Pagerwojo desa ini terletak di Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur. Dengan Luas wilayah Desa Pagerwojo seluas 166.41 hektar (2) K.H Ali Mas‘ud merupakan ulama waliyullah yang dikagumi dan dihormati karena karomahnya. Masyarakat berdatangan ke Makam K.H Ali Mas‘ud untuk mendapatkan karomahnya seperti A.H Nasution panglima tentara yang datang ke kediaman K.H. Ali Mas‘ud untuk mendapatkan karomahnya (3) Makam K.H. Ali Mas‘ud merupakan makam Islam dengan dibuktikan arah makam utara dan selatan. Makam K.H Ali Mas‘ud menggunakan arsitektur kebudayaan Jawa yang digabungkan dengan kebudayaan Islam (penetration pacifique) dengan hiasan kayu ukiran Jepara dan kaligrafi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisaq, Siti ChoirunIrun.nisaq17@gmail.comA92218126
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi060459@gmail.com2006045901
Thesis advisorMufrodi, Aliali.mfd52@gmail.com2017065201
Subjects: Arsitektur
Arkeologi
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: K.H Ali Mas‘ud; sejarah; arkeologi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Siti Choirun Nisaq
Date Deposited: 21 Oct 2022 03:22
Last Modified: 21 Oct 2022 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57428

Actions (login required)

View Item View Item