Therapy rational emotive behavior untuk mengatasi overthinking remaja akibat disharmoni keluarga di Desa Seruni Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawarni, Iga (2022) Therapy rational emotive behavior untuk mengatasi overthinking remaja akibat disharmoni keluarga di Desa Seruni Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iga Mawarni_B93217987.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan mengetahui hasil Teknik REBT untuk mengatasi overthinking remaja akibat disharmoni keluarga di desa Seruni Gedangan Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun penelitian ini berfokus pada bagaimana proses pelaksanaan dalam mengendalikan overthinking remaja akibat disharmoni keluarga dengan menggunakan teknik REBT. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan selama 40 hari dan menggunakan pendekatan studi kasus. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yakni meliputi tahap pra-lapangan, persiapan pelaksanaan dan pekerjaan lapangan.Teknik pengumpulan data dari penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data divalidasi dengan menggunakan teknik validasi yang meliputi memperpanjang waktu penelitian, melakukan pengecekan ulang (re-checking), dan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa teknik REBT dengan pendekatan kognitif berhasil dalam mengatasi overthinking remaja. Hasil dari konseling yang telah dilakukan kurang lebih 1 bulan lalu dilanjutkan dengan proses tindak lanjut menunjukkan keberhasilannya, yakni konseli sudah mulai mengurangi overthinking, mengurangi melamun di tempat kerjanya, serta lebih menggunakan waktunya untuk melakukan hal-hal yang positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawarni, Igaigaamawar@gmail.comB93217087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Lukmanlukmanfahmi21@gmail.com2021117301
Subjects: Keluarga
Terapi
Keywords: Therapy rational emotive behavior; overthinking remaja; disharmoni keluarga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Iga Mawarni
Date Deposited: 21 Oct 2022 07:07
Last Modified: 21 Oct 2022 07:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57443

Actions (login required)

View Item View Item