Pengaruh Terapi Maulid Diba’ terhadap Religiusitas pada Jam'iyah Majelis “AL-HUDA” desa Karanggeneng Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahroh, Ma'rifatus (2022) Pengaruh Terapi Maulid Diba’ terhadap Religiusitas pada Jam'iyah Majelis “AL-HUDA” desa Karanggeneng Lamongan. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Ma'rifatus Zahroh_B73218094.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah bagaimana tingkat religiusitaspada masa dewasa awal di majelis diba‟ “Al-Huda” desa Karanggeneng Lamongan sebelum pelaksanaan terapi maulid diba‟, bagaimana tingkat religiusitas masa dewasa awal di majelis diba‟ “Al-Huda” Karanggeneng Lamongan setelah pelaksanaan terapi maulid diba‟, dan bagaimana pengaruh terapi maulid diba‟ untuk meningkatkan sikap religiusitas pada masa dewasa awal di majelis diba‟ “Al-Huda” Karanggeneng Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan paradigma sederhana. Paradigma sederhana terdiri dari satu variabel independen dan satu variabel dependen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Terapi Maulid Diba‟.Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Religiusitas. Tujuan dari paradigma di penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Terapi Maulid Diba‟ untuk Meningkatkan Sikap Religiusitas pada Masa Dewasa Awal di Majelis Diba‟ “Al-Huda” Karanggeneng Lamongan. Hasil akhir dari proses konseling ini yaitu adanya pengaruh pada religiusitas konseli. Dengan menggunakan uji statistik wilcoxon diperoleh nilai z sebesar -2,936 dan angka Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,003, maka 0,003/2=0,0015. Karena nilai Asymp. Sig. (2-tailed)< taraf nyata (α/2= 0,05), maka hal ini berarti terdapat perbedaan tingkat religiusitas yang dialami oleh kelompok eksperimen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahroh, Ma'rifatusmarifatus.zahroh19@gmail.comB73218094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantoso, Agusagus.santoso@uinsby.ac.id197008251998031002
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Nabi Muhammad
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Terapi Maulid Diba'; Religiusitas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ma'rifatus Zahroh
Date Deposited: 21 Oct 2022 08:15
Last Modified: 24 Oct 2022 01:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57447

Actions (login required)

View Item View Item