Pemberdayaan masyarakat dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat pada masa pandemi melalui penanaman dan pemanfaatan toga di dusun Bendungan kecamatan Porong kabupaten Sidoarjo.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jaissia, Siti Khofifatus (2021) Pemberdayaan masyarakat dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat pada masa pandemi melalui penanaman dan pemanfaatan toga di dusun Bendungan kecamatan Porong kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Khofifatus Jaissia_B92217128.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pemberdayaan masyarakat mengenai upaya meningkatan derajat kesehatan masyarakat dusun Bendungan karena tidak peduli.nya dengan kesehatan menyebabkan imunitas tubuh lemah dan rentan terserang berbagai penyakit dan virus. Dengan pengenalan TOGA ( tanaman obat keluarga) kepada masyarakat diharapkan dapat mengatasi permasalah Kesehatan Masyarakat. Dalam Pendampingan penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian PAR ( Partisipatory Action Research). PAR merupakan metode riset aksi partisipasi yang bertujuan untuk terwujudnya perubahan pada setiap prosesnya. Langkah awal yang dilakukan peneliti yaitu membangun sebuah kesadaran masyarakat mengenai bahaya mengabaikan kesehatan dan mengenai manfaat Toga bagi tubuh, serta bahaya Covid, langkah kedua yaitu membentuk kelompok hidup sehat dengan Toga, dan langkah yang terakhir melakukan advokasi kepada pemerintah desa untuk membuat program mengenai peningkatan derajat kesehatan masyarakat dengan toga. Hasil pemberdayaan masyarakat dapat diketahui dengan adanya perubahan pada masyarakat, sebagai berikut:1) Masyarakat sudah memahami tentang bahaya mengabaikan Kesehatan serta upaya meningkatkan derajat kesehatan dengan memanfaatkan Toga, 2) Adanya kelompok masyarakat yang mulai menanam dan memanfaatkan toga di rumah, 3) Adanya kebijakan desa mengenai kesehatan masyarakat dengan TOGA.
Kata Kunci : Pemberdayaan, Derajat Kesehatan, Toga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jaissia, Siti Khofifatuskhofifatussiti@gmail.comB92217128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThayib, Thayibthayib@uinsa.ac.id2016117001
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pemberdayaan; Derajat Kesehatan; Toga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Khofifatus Jaissia
Date Deposited: 24 Oct 2022 04:12
Last Modified: 24 Oct 2022 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57448

Actions (login required)

View Item View Item