Konsep maqasid surah perspektif Abdullah Darraz dalam Kitab Al Naba Al Adzim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akmala, Nurdiyanti (2022) Konsep maqasid surah perspektif Abdullah Darraz dalam Kitab Al Naba Al Adzim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurdiyanti Akmala_E93218121 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dinamika kajian maqa>s}id al-Qura>n menunjukkan perkembangan yang intens dalam beberapa dekade terakhir, salah satunya berkaitan dengan ragam maqa>s}id baik dalam ranah aplikatif maupun konseptual. Ragam maqa>s}id Alquran meliputi maqa>s}id general Alquran, maqas}id khusus (tema dan topik Alquran), maqa>s}id surah, maqa>s}id ayat, dan maqa>s}id kata dan huruf. Adapun penelitian dimaksudkan sebagai pengembangan kajian maqa>s}id surah, yakni salah satu ragam maqa>s}id Alquran yang membahas tujuan-tujuan yang disampaikan oleh surah sebagai satu kesatuan. Adapun fokus penelitian berpusat pada analisis pemikiran ‘Abdulla>h Darraz>, salah satu tokoh yang memiliki konsentrasi pada bidang kesatuan surah dan maqa>s}id surah.
Sehubungan dengan kontribusinya dalam kajian maqa>s}id surah, maka penelitian ini berusaha mengungkap langkah operasional penentuan tujuan surah serta gagasan maqa>s}id surah ‘Abdulla>h Darra>z. Penelitian ini didesain dengan model penelitian kualitatif kepustakaan (library research), dengan pendekatan deskriptif-analitis dan teknik analisis isi (content). Melalui proses analisis terhadap tafsir surah Al-Baqarah berbasis kesatuan surah dalam al-Naba> al-‘Az}im, yang mencantumkan empat maqa>s}id surah, penelitian ini hendak mengungkap aspek-aspek maqa>s}id surah dalam penafsiran ‘Abdulla>h Darra>z.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akmala, Nurdiyantidiyanakmala@gmail.comE93218121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, KhoirulUNSPECIFIED197111021995032001
Subjects: Al Qur'an > Asbabun Nuzul
Agama > Biografi Tokoh
Al Qur'an > Mukjizat al Quran
Al Qur'an
Keywords: Maqasid surah; perspektif Abdullah Darraz; tafsir Surah Al Baqarah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nurdiyanti Akmala
Date Deposited: 24 Oct 2022 08:56
Last Modified: 24 Oct 2022 08:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57481

Actions (login required)

View Item View Item