Analisis Hukum Acara Perdata Islam terhadap pilihan hukum Sebagai dasar Hakim tidak menerima gugatan: studi putusan pengadilan agama Bangil No. 002/Pdt.GS/2019/PA.Bgl

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Alda Farantika (2021) Analisis Hukum Acara Perdata Islam terhadap pilihan hukum Sebagai dasar Hakim tidak menerima gugatan: studi putusan pengadilan agama Bangil No. 002/Pdt.GS/2019/PA.Bgl. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alda Farantika Putri_C92216079.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini yang berjudul “Analisis Hukum Islam Dan Hukum Acara Perdata Terhadap Pilihan Hukum Sebagai Dasar Hakim Tidak Menerima Gugatan (Studi Putusan Pengadilan Agama Bangil No. 002/Pdt.GS/2019/PA.Bgl)”. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah yuridis normatif yaitu dengan cara menelaah teori-teori, konsep-konsep dan asas-asas hukum, serta peraturan perundang-undangan dan dokumen lain yang berhubungan dengan penelitian. Selanjutnya dalam teknik analisis data penulis menggunakan analisis secara deskriptif dan kesimpulan dari logika deduktif dengan menggunakan aturan hukum dalam Hukum Acara Perdata Islam. Berdasarkan dari penelitian ini hasil analisis dan saran yang disimpulkan penulis adalah: pertama, pertimbangan hukum hakim dalam putusan No. 002/Pdt.GS/2019/PA.Bgl tidak menerima gugatan pada perkara ekonomi syariah dibuktikan dari surat P.3 berupa Perjanjian Pembiayaan Murabahah. Dalam pelaksanaan penyelesaian sengketa tidak sesuai dengan isi perjanjian. Bukti itulah yang membuat gugatan tidak dapat diterima. Kedua, Menurut Hukum Acara Perdata Islam putusan hakim tidak dapat menerima gugatan para Penggugat sudah sesuai dengan ketentuan hukum Islam yang mana para pihak harus menyelesaikan sengketa sesuai dengan isi perjanjian.
Karena itu disarankan sebelum melakukan perjanjian dan menentukan penyelesaian sengketa di pengadilan agama harus memahami hukum acara perdata, untuk Penggugat agar lebih teliti dalam membuat suatu gugatan dengan memenuhi syarat formil dan materiil agar membantu tugas dari Hakim dalam memeriksa suatu perkara. Disarankan pula untuk Hakim dalam pertimbangannya agar m

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Alda Farantikaaldafarantikaputri@gmail.comC92216079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisoral-Hamidy, Abu Dzarrinadzarrin2015@gmail.com2004067302
Subjects: Bank Islam
Hukum
Perdata Islam
Keywords: Hukum Islam; Hukum Acara Perdata; Gugatan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: alda putri
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:00
Last Modified: 25 Oct 2022 06:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57496

Actions (login required)

View Item View Item