Pengembangan karakteristik respon peserta didik mengacu pada Taksonomi Solo terhadap masalah ‘pemahaman’ matematika sesuai Taksonomi Bloom revisi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'allaili, Serlly Hindun (2022) Pengembangan karakteristik respon peserta didik mengacu pada Taksonomi Solo terhadap masalah ‘pemahaman’ matematika sesuai Taksonomi Bloom revisi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Serlly Hindun Ma'allaili_D04218014.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada proses pembelajaran diperlukan penyusunan tujuan pembelajaran. Salah satu taksonomi yang berperan dalam menyusun tujuan pembelajaran adalah Taksonomi Bloom yang dikemukakan oleh Benjamin S. Bloom. Kemudian, Anderson dan kawan-kawan melakukan revisi terhadap konsep awal domain kognitif dalam Taksonomi Bloom. Anderson dan Krathwohl mendefinisikan ulang bahwa domain kognitif merupakan interseksi antara dimensi proses kognitif (cognitive process dimension) dan dimensi jenis pengetahuan (knowledge dimension). Dimensi proses kognitif tersebut terbagi kedalam enam kategori sebagai berikut: (1) mengingat, (2) memahami, (3) menerapkan, (4) menganalisis, (5) mengevaluasi, dan (6) mencipta. Pada dimensi jenis pengetahuan dibagi menjadi empat sebagai berikut: (1) pengetahuan faktual, (2) pengetahuan konseptual, (3) pengetahuan prosedural, (4) pengetahuan metakognisi. Selain Taksonomi Bloom, terdapat Taksonomi SOLO yang digunakan untuk mengetahui kemampuan dan kualitas respon peserta didik terhadap masalah yang diberikan. Taksonomi SOLO mengelompokkan tingkat kemampuan siswa pada lima level berbeda dan bersifat hirarkis, yaitu level 0: prastruktural (pre-structural), level 1: unistruktural (uni-structural), level 2: multistruktural (multi-structural), level 3: relasional (relational), dan level 4: extended abstract. Berdasarkan perbedaan peran diantara kedua taksonomi, peneliti ingin mengkombinasikan Taksonomi SOLO dengan Taksonomi Bloom Revisi sehingga menjadi tiga dimensi yaitu dimensi proses kognitif, dimensi jenis pengetahuan, dan tingkat kemampuan peserta didik (level SOLO). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi karakterteristik respon peserta didik mengacu pada Taksonomi SOLO terhadap masalah ‘pemahaman’ matematika dengan jenis pengetahuan prosedural sesuai Taksonomi Bloom Revisi, disimbolkan dengan (C2,K3,Sk). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di beberapa SMP/MTs sederajat sesuai dengan sampel yang dibutuhkan. Pemilihan subjek penelitian ini sesuai dengan kriteria tertentu yaitu karakteristik respon peserta didik mengacu pada Taksonomi SOLO terhadap masalah ‘pemahaman’ matematika dengan jenis pengetahuan prosedural sesuai Taksonomi SOLO yang valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan antara lain analisis data tugas penyelesaian masalah dan analisis data wawancara. Untuk menguji karakteristik respon yang valid, didasarkan pada teori Taksonomi SOLO dan Taksonomi Bloom Revisi. Untuk menguji karakteristrik yang reliabel, menggunakan teknik perbandingan tetap. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik respon peserta didik mengacu pada Taksonomi SOLO terhadap masalah ‘pemahaman’ matematika dengan jenis pengetahuan prosedural sesuai Taksonomi Bloom Revisi (C2,K3,S1) yang valid dan reliabel adalah sebagai berikut: (1) Dapat menjelaskan satu prosedur penyelesaian masalah ‘pemahaman’ matematika dengan jenis pengetahuan prosedural sesuai Taksonomi Bloom Revisi (C2,K3,S1); (2) Dapat menjelaskan lebih dari satu satu prosedur penyelesaian masalah ‘pemahaman’ matematika dengan jenis pengetahuan prosedural sesuai Taksonomi Bloom Revisi (C2,K3,S2); (3) Dapat menjelaskan lebih dari satu prosedur penyelesaian masalah ‘pemahaman’ matematika dengan jenis pengetahuan prosedural sesuai Taksonomi Bloom Revisi dan dapat menjelaskan keterkaitan antara satu prosedur dengan prosedur lain (C2,K3,S3); (3) Dapat menjelaskan lebih dari satu prosedur penyelesaian masalah ‘pemahaman’ matematika dengan jenis pengetahuan prosedural sesuai Taksonomi Bloom Revisi dan dapat menjelaskan keterkaitan antara satu prosedur dengan prosedur lain serta dapat membuat generalisasi dari hasil yang diperoleh (C2,K3,S4).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'allaili, Serlly Hindunserllylia@gmail.comD04218014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A. SaepulUNSPECIFIED2031076501
Thesis advisorSutini, SutiniUNSPECIFIED2003017703
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Karakteristik respon; Taksonomi SOLO; masalah pemahaman matematika; Taksonomi Bloom Revisi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Serlly Hindun Ma'allaili
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:14
Last Modified: 26 Oct 2022 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57559

Actions (login required)

View Item View Item