Urgensi pendidikan akhlak pada anak usia pra remaja perspektif Syekh Jamal Abdurrahman dan relevansinya terhadap upaya Ppncegahan perilaku perundungan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitroni, Novin (2022) Urgensi pendidikan akhlak pada anak usia pra remaja perspektif Syekh Jamal Abdurrahman dan relevansinya terhadap upaya Ppncegahan perilaku perundungan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novin Fitroni_D71218090.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan akhlak menjadi sesuatu yang urgen saat ini, terutama kepada anak usia pra remaja yang merupakan fase peralihan. Dalam mendidik akhlak Nabi Muhammad saw. sudah memberi contoh, salah satunya dapat kita pelajari dari buku Syekh Jamal Abdurrahman yang berjudul Athfal al-Muslimin Kayf Robbahum al-Nabiyyin al-Amin. Pendidikan akhlak cara Nabi saw. ini perlu dipelajari agar dapat menghindarkan anak dari penyimpangan perilaku, salah satunya adalah perilaku perundungan yang masih marak hingga saat ini. Dengan itu perlu diteliti tentang (1) urgensi pendidikan akhlak pada anak pada usia pra remaja perspektif Syekh Jamal Abdurrahman, dan (2) relevansi pendidikan akhlak pada anak usia pra remaja perspektif Syekh Jamal Abdurrahman terhadap terhadap upaya pencegahan perilaku perundungan. Penelitian ini adalah penelitian library research yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Kemudian pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan diolah dengan teknik analis isi. Sumber primer penelitian ini, adalah kitab Athfal al-Muslimin Kayf Robbahum al-Nabiyyin al-Amin, dan didukung dengan buku-buka dan jurnal-jurnal lain. Dalam perspektif Syekh Jamal Abdurrahman, ditemukan bahwa pendidikan akhlak perspektif Syekh Jamal sangat luas. Mulai dari (1) materi dan isi dari pendidikan akhlak tersebut, hingga kepada metode dan prinsip-prinsip dalam penggunaan metode-metode tersebut, (2) kemudian dari sanalah dapat terlihat relevansi dari pendidikan akhlak dari kacamata Syekh Jamal Abdurrahman dengan upaya pencegahan perilaku perundungan yang masih marak hingga saat ini di dunia anak. Pendidikan akhlak dapat menjadi solusi dari pencegahan agar anak tidak menjadi pelaku, korban, maupun jika anak menjadi saksi. Besar harapan bahwa penelitian ini dapat memberikan kesadaran bahwa pendidikan akhlak adalah sesuatu yang penting dalam pendidikan anak usia pra remaja, serta dapat menjadi jawaban dari upaya pencegahan perilaku perundungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitroni, NovinD71218090@uinsby.ac.idD71218090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Metode
Keywords: Pendisikan Akhlak; Anak Usia Pra Remaja; Syekh Jamal Abdulrahman; Pencegahan Prilaku Perundungan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Novin Fitroni
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:46
Last Modified: 28 Oct 2022 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57569

Actions (login required)

View Item View Item